LANGKAH-LANGKAH MERANCANG MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Kurikulum Merdeka pelajarancg.blogspot.com: Modul projek merupakan perencanaan pembelajaran dengan konsep pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan tema serta topik projek, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Modul projek dikembangkan berdasarkan dimensi, elemen, dan sub-elemen Profil Pelajar Pancasila.


Tim fasilitasi bekerja sama dalam merancang modul projek dan berdiskusi dalam menentukan elemen dan sub-elemen profil, alur kegiatan projek, serta tipe asesmen yang sesuai dengan tujuan dan kegiatan projek.

Pelajari: LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) UNTUK MADRASAH


https://pelajarancg.blogspot.com/


A. Tujuan dan Komponen Modul Projek

1. Tujuan Modul Projek

Menyusun dokumen yang mendeskripsikan perencanaan kegiatan projek sebagai panduan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam tema tertentu.

Pelajari: BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD), PENDIDIKAN DASAR (SD/MI), DAN MENENGAH (SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK)

2. Komponen Modul Projek

Modul projek dilengkapi dengan komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunannya serta dibutuhkan untuk kelengkapan pelaksanaan pembelajaran. Modul projek umumnya memiliki komponen sebagai berikut.


2.a. Informasi umum

  • Identitas penulis modul
  • Sarana dan prasarana
  • Target peserta didik
  • Relevansi tema dan topik projek untuk satuan pendidikan



2.b. Komponen inti (KI)

  • Deskripsi singkat projek
  • Dimensi dan subelemen dari Profil Pelajar Pancasila yang berkaitan
  • Target peserta didik
  • Relevansi tema dan topik projek untuk satuan pendidikan
  • Tujuan spesifik untuk fase tersebut
  • Alur kegiatan projek secara umum
  • Asesmen
  • Pertanyaan pemantik
  • Pengayaan dan remedial
  • Refleksi peserta didik dan pendidik



2.c. Lampiran

  • Lembar kerja peserta didik
  • Bahan bacaan pendidik dan peserta didik
  • Glosarium
  • Daftar pustaka



B. Strategi Mengembangkan Modul Projek

  1. Kepala sekolah menganalisis kesiapan sekolah, kondisi dan kebutuhan peserta didik, pendidik, serta satuan pendidikan
  2. Pendidik melakukan asesmen diagnostik terhadap kondisi dan kebutuhan peserta didik
  3. Pendidik dan peserta didik mengidentifikasi tema dan topik
  4. Pendidik mengidentifikasi dan menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai
  5. Pendidik merencanakan jenis, teknik dan instrumen asesmen
  6. Pendidik menyusun modul projek berdasarkan komponenkomponen yang disarankan
  7. Pendidik dapat menentukan komponen-komponen esensial sesuai dengan kebutuhan projek
  8. Pendidik mengelaborasi kegiatan projek sesuai dengan komponen esensial
  9. Modul siap digunakan
  10. Evaluasi dan Pengembangan Modul


Pelajari: LANGKAH-LANGKAH DALAM MENYUSUN MODUL AJAR PADA SEKOLAH PENGGERAK

C. Contoh Cuplikan Modul Projek

Modul Projek Fase D:
  • Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan
  • Topik: Sampahku, Tanggung jawabku
  • Total waktu: 57 JP



Dimensi Profil Pelajar Pancasila:
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Gotong royong
  • Bernalar kritis



Sub-elemen Yang Disasar:
  • Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi
  • Menjaga Lingkungan Alam Sekitar
  • Kerja sama
  • Koordinasi Sosial
  • Mengajukan pertanyaan
  • Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan



Asesmen Diagnostik: Dilakukan sebelum projek dimulai untuk mengukur kompetensi awal peserta didik yang dipakai untuk menentukan kebutuhan diferensiasi peserta didik, pengembangan alur dan kegiatan projek, dan penentuan perkembangan sub-elemen antarfase.


Tahap Pengenalan: Mengenali dan membangun kesadaran peserta didik terhadap isu pengelolaan sampah dan implikasinya terhadap perubahan iklim.
  1. Perkenalan: Perubahan Iklim dan Masalah Pengelolaan Sampah
  2. Eksplorasi Isu
  3. Refleksi awal
  4. Kunjungan ke TPA/Komunitas Peduli Sampah
  5. Diskusi Kritis Masalah Sampah



Tahap Kontekstualisasi: Mengontekstualisasi masalah di lingkungan terdekat.
  1. Pengumpulan, Pengorganisasian, dan Penyajian Data
  2. Trash Talk: Sampah di Sekolahku
  3. Pengorganisasian Data Secara Mandiri
  4. Asesmen Formatif Presentasi: Sampah di Sekolahku



Tahap Aksi: Bersama-sama mewujudkan pelajaran yang mereka dapat melalui aksi nyata.
  1. Poster Aksi Nyata Sayangi Sekolahku: Eksplorasi program pengelolaan sampah yang ada
  2. Poster Aksi Nyata Sayangi Sekolahku: Peranku dan Solusiku
  3. Poster Aksi Nyata Sayangi Sekolahku: Menentukan Karakteristik Poster yang Baik
  4. Poster Aksi Nyata Sayangi Sekolahku: Membuat Poster
  5. Asesmen Formatif Simulasi Pameran Poster Aksi Nyata Sayangi Sekolahku



Tahap Refleksi dan Tindak Lanjut: Menggenapi proses dengan berbagi karya, evaluasi dan refleksi, serta menyusun langkah strategis.
  1. Asesmen Sumatif Pameran Poster Aksi Nyata Sayangi Sekolahku
  2. Asesmen Sumatif Evaluasi Solusi Yang Ditawarkan
  3. Mari Beraksi Sambil Refleksi Mengelola Sampah di Sekolah



Sumber artikel kurikulum pelajarancg.blogspot.com: Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA) Kemendikbudristekdikti

Post a Comment for "LANGKAH-LANGKAH MERANCANG MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA"