PENGERTIAN KOHESI, ADHESI, DAN KAPILARITAS DAN CONTOHNYA, YUK PELAJARI!

Pengertian kohesi, adhesi, dan kapilaritas dan Berikan contohnya (ilustrasi)
Ilustrasi Pengertian kohesi, adhesi, dan kapilaritas dan Berikan contohnya. (ilustrasi)


Dilansir kurikulum Pelajarancg.blogspot.com dari buku siswa mata pelajaran fisika, berikut penjelasan lengkap untuk membedakan ketiga peristiwa dalam kehidupan sehari-hari adalah


1. Kohesi / Kohesif

Kohesi adalah gaya tarik menarik antar molekul yang sama jenisnya. Gaya ini menyebabkan antara zat yang satu dengan yang lain tidak dapat menempel karena molekulnya saling tolak menolak.


Contoh:
  • Air di atas daun talas
  • Air raksa yang dimasukkan ke dalam tabung reaksi kimia



2. Adhesi / Adhesif


Adhesi adalah gaya tarik menarik antar molekul yang berbeda jenisnya. Gaya ini menyebabkan antara zat yang satu dengan yang lain dapat menempel dengan baik karena molekulnya saling tarik menarik atau merekat.


Contoh:
  • Air di atas telapak tangan
  • Susu tumpah di lantai



3. Kapilaritas

Kapilaritas adalah peristiwa naiknya zat cair pada pembuluh atau celah kecil atau pori-pori kecil. Contoh peristiwa kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari adalah:
  1. Naiknya minyak tanah pada sumbu kompor sehingga kompor dapat menyala,
  2. Naiknya minyak tanah pada sumber lampu tempel sehingga lampu itu menyala,
  3. Naiknya air pada musim hujan sehingga dinding rumah basah,
  4. Naiknya air tanah melalui akar dengan pembuluh-pembuluh tumbuhan,
  5. Air menggenang dapat diserap dengan kain pel, spons, atau kertas isap, dan
  6. cairan tinta yang tumpah dapat diserap oleh kapur tulis atau kertas isap.


Pelajari juga: PENGERTIAN KOHESI DAN KOHERENSI, YUK PELAJARI!

Dari penjelasan lengkap untuk membedakan ketiga peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, maka dapat disimpulkan bahwa Kohesi adalah gaya tarik menarik antar molekul yang sama jenisnya, sementara Adhesi adalah gaya tarik menarik antar molekul yang berbeda jenisnya dan Kapilaritas adalah peristiwa naiknya zat cair pada pembuluh atau celah kecil atau pori-pori kecil.


Adapun contoh-contohnya, sebagaimana diilustrasikan kurikulum Pelajarancg.blogspot.com dari buku siswa mata pelajaran fisika pada materi diatas. (*)

**) Dapatkan update infografis pilihan dan materi kurikulum terbaru setiap hari dari Pelajarancg.blogspot.com. Mari ikuti di Laman Instagram "Pelajarancg.blogspot.com kurikulum Pelajarancg", caranya klik link https://www.instagram.com/pelajarancg/, kemudian ikuti. Anda harus install aplikasi instagram terlebih dulu di ponsel supaya mendapatkan update tentang bahan pembelajaran dari Mapel lainnya.

Post a Comment for "PENGERTIAN KOHESI, ADHESI, DAN KAPILARITAS DAN CONTOHNYA, YUK PELAJARI!"