5 PESAN INTI KETELADAN DARI PERISTIWA ISRA MI'RAJ MUHAMMAD SAW UNTUK DIJADIKAN SEBAGAI MOTIVASI DIRI

5 PESAN INTI KETELADAN DARI PERISTIWA ISRA MI'RAJ MUHAMMAD SAW UNTUK DIJADIKAN SEBAGAI MOTIVASI DIRI


Isra dan Miraj adalah fenomena luar biasa dalam sejarah Islam yang terjadi pada masa kenabian Muhammad SAW, ketika ia mendapat Mukjizat untuk bisa menembus langit ketujuh bertemu Allah. Dalam perjalanannya, peristiwa Isra Miraj ini memiliki sederet kisah menarik yang bisa diambil hikmah untuk menambah ketakwaan sebagai umat Muslim

Pelajari juga: MENJADIKAN MAKNA PERINGATAN ISRA MI'RAJ SEBAGAI MOTIVASI DIRI

Dirangkum Pelajarancg.blogspot.com dari berbagai sumber. Berikut ini beberapa pesan inti keteladanan peristiwa Isra Miraj yang dilakukan Nabi Muhammad SAW:


1. Mukjizat


Isra Miraj merupakan mukjizat bagi Nabi Muhammad dengan perjalanannya dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha. Dalam sejarah, itu adalah perjalanan pertama manusia di dunia menuju luar angkasa dalam satu malam, yang kembali ke bumi dengan selamat atas izin Allah.


Selain itu, mukjizat menjadi suatu kemampuan luar biasa yang hanya dimiliki Allah SWT untuk para nabi serta rasul-Nya, dan digunakan sebagai alat kebenaran adanya nabi juga rasul.


2. Masjidil Aqsa


Dalam perjalanan Isra Miraj, disebutkan dua masjid bagi umat Islam yaitu Masjidil Haram dan Masjidil Aqsa, sebagai tempat suci yang memiliki kedudukan tertinggi.


Membela dan melindungi Masjidil Aqsa dan sekelilingnya, sama dengan turut membela agama Islam. Masjidil Aqsa juga pernah menjadi kiblat shalat bagi Muslim sebelum ditetapkannya ka’bah. Bahkan, Rasul mendarat di Masjidil Aqsa tepat setelah peristiwa Isra Miraj.


3. Islam Agama Suci


Keteladanan peristiwa Isra Miraj lainnya yaitu bukti bahwa Islam merupakan agama suci. Hal ini berdasarkan pada kisah perjalanan Nabi Muhammad ketika diberi suguhan khamr dan susu.


Saat itu, dari beberapa yang disuguhkan kepada Nabi Muhammad, dirinya memilih cawan yang berisi susu daripada khamr. Jibril mengatakan: “Susu adalah lambang dari kemurnian dan fitrah yang menjadi ciri khas Nabi Muhammad serta umatnya.”


4. Nabi Akhir Zaman


Nabi Muhammad SAW adalah nabi yang paling utama di antara para nabi. Keistimewaannya yaitu Nabi Muhammad melebihi sekalian dari para Nabi, dengan tiga macam sifat:
  1. Sesungguhnya beliau adalah Nabi yang paling utama.
  2. Sesungguhnya beliau diutus kepada seluruh umat manusia.
  3. Sesungguhnya beliau adalah penutup dari para Nabi, sehingga tidak akan ada Nabi lagi yang akan datang (diutus) sesudah beliau



Karena Muhammad SAW adalah nabi terakhir yang diutus, maka otomatis wahyu kenabian itu sudah terputus semenjak Nabi Muhammad wafat.


5. Kewajiban Salat Fardu


Nabi melakukan Isra Miraj dengan ruh dan jasadnya sebagai mukjizat. Hal tersebut menjadi sebuah keharusan bagi tiap Muslim menghadap (Miraj) kepada Allah SWT, lima kali dalam sehari dengan jiwa dan hati yang khusyuk.


Dengan shalat yang khusyuk, seseorang akan merasa diawasi Allah, sehingga ia malu untuk menuruti hawa nafsu, malu berkata kotor, berbohong, juga enggan mencaci orang lain.

Pelajari juga RANGKUMAN MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 4 MI SEMESTER 2: BAB 5 ISRA MIKRAJ NABI MUHAMMAD SAW

Itulah bentuk keteladanan peristiwa Isra Miraj yang dapat dirangkum maupun disimpulkan, sehingga sebagai umatnya senantiasa bisa terus meningkatkan keimanan kepada Allah. Sebagai Siswa, mari kita jadikan hari peringatan ini sebagai motivasi diri dalam berbuat baik dan belajar dengan dengan sungguh-sungguh itulah hakekat kita memperingati Isra dan Miraj, fenomena luar biasa yang terjadi pada 27 Rajab.

Post a Comment for "5 PESAN INTI KETELADAN DARI PERISTIWA ISRA MI'RAJ MUHAMMAD SAW UNTUK DIJADIKAN SEBAGAI MOTIVASI DIRI"