SEJARAH PERINGATAN HARI KANKER SEDUNIA



KURIKULUM PELAJARANCG - Hari Kanker Sedunia 2023 adalah salah satu hari penting di bulan Februari yang diperingati di seluruh dunia. Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari ini dan Hari Kanker Sedunia pastinya memiliki cerita atau sejarah berikut sejarahnya.


Peringatan Hari Kanker Sedunia dimulai pada tahun 2000 di World Summit Against Cancer pertama, yang diadakan di Paris. Pada pertemuan ini, para pemimpin lembaga pemerintah dan organisasi kanker dari seluruh dunia menandatangani Piagam Paris Melawan Kanker, sebuah dokumen yang berisi 10 pasal yang menguraikan komitmen global yang kooperatif untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker dan investasi berkelanjutan dalam dan kemajuan penelitian kanker, pencegahan, dan pengobatan. Pasal X piagam tersebut secara resmi mendeklarasikan 4 Februari sebagai Hari Kanker Sedunia “sehingga setiap tahun, Piagam Paris akan berada di hati dan pikiran orang-orang di seluruh dunia.”


Sobat pelajarancg.blogspot.com perlu ketahui bahwa kesadaran kanker telah menjadi sangat penting di abad ke-21. Meskipun ada banyak kemajuan dalam pengertian juga pemahaman, diagnosis, dan pengobatan kanker, ini termasuk faktor-faktor yang seharusnya berkontribusi pada penurunan penyakit lho Sobat pelajarancg.blogspot.com, adapun jumlah kasus kanker baru yang didiagnosis setiap tahun terus meningkat secara global. Ada 8,1 juta kasus baru yang didiagnosis pada tahun 1990, 10 juta pada tahun 2000, 12,4 juta pada tahun 2008, dan 14,1 juta pada tahun 2012. Jumlah kematian tahunan di seluruh dunia akibat kanker juga meningkat—dari 5,2 juta orang pada tahun 1990 menjadi 8,2 juta orang pada tahun 2012. menjadi sekitar 9,6 juta pada tahun 2018. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jika kejadian kanker terus meningkat pada tingkat yang dilaporkan, jumlah kematian akibat kanker di seluruh dunia akan meningkat menjadi lebih dari 16,3 juta pada tahun 2040. Namun, juga menurut WHO, sebanyak 40 persen kematian akibat kanker dapat dicegah. Akibatnya, meningkatkan kesadaran akan pencegahan kanker telah menjadi tujuan yang menonjol dari banyak organisasi kanker dan kesehatan di seluruh dunia, dan Hari Kanker Sedunia telah mewakili penegasan ulang tahunan tentang pentingnya tujuan ini.


Untuk diketahui sobat Pelajarancg.blogspot.com bahwa International Union Against Cancer (UICC), sebuah organisasi yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran kanker global, mengoordinasikan Hari Kanker Sedunia dan dalam upaya ini didukung oleh WHO dan organisasi internasional lainnya. Hari Kanker Sedunia berfungsi sebagai titik peluncuran formal untuk deklarasi tema baru dan rilis publikasi baru untuk Kampanye Kanker Dunia UICC, yang berfungsi sepanjang tahun dan berusaha untuk meningkatkan kesadaran kanker dengan membentuk kemitraan dengan lembaga kesehatan dan kanker dan dengan mengusulkan kegiatan pendidikan dan pembuatan iklan layanan masyarakat. Untuk menghormati Hari Kanker Sedunia, banyak lembaga kesehatan dan pusat kanker menyediakan berbagai publikasi pendidikan dan materi tentang kanker dan pencegahan kanker di situs Web mereka. Di beberapa tempat Hari Kanker Sedunia diperingati dengan parade atau acara penggalangan dana lokal, seperti jalan-jalan, amal, konser, atau pelelangan. Selain itu, beberapa negara menyiarkan siaran televisi khusus atau program radio tentang kanker selama minggu peringatan Hari Kanker Sedunia.


Karena lebih dari 70 persen kematian akibat kanker terjadi di negara-negara ekonomi kurang berkembang, Hari Kanker Sedunia dan Kampanye Kanker Dunia telah menjadi mekanisme penting untuk menarik perhatian pada pencegahan dan pengobatan kanker di negara-negara tersebut. Misalnya, di Nikaragua, di mana akses ke pusat pengobatan kanker sangat terbatas, Hari Kanker Sedunia 2007 menandai dimulainya kerjasama internasional yang dirancang untuk meningkatkan sumber daya perawatan kanker di negara tersebut.

Post a Comment for "SEJARAH PERINGATAN HARI KANKER SEDUNIA"