SEJARAH PERINGATAN HARI LAHAN BASAH SEDUNIA



KURIKULUM PELAJARANCG - Hari Lahan Basah Sedunia 2023 adalah salah satu hari penting di bulan Februari yang diperingati di seluruh dunia. Hari Lahan Basah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 2 Februari ini dan Hari Lahan Basah Sedunia pastinya memiliki cerita atau sejarah berikut sejarahnya.


Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia bermula dari Konvensi Lahan Basah, bulan Februari 1971 di Kota Ramsar. Selanjutnya pada 2 Februari 1971 ditandatanganinya Konvensi Lahan Basah, yang disebut Konvensi Ramsar, dan hari itulah kemudian ditetapkan sebagai World Wetlands Day. Konvensi Ramsar ditandatangani dan disahkan oleh 35 negara yang terdiri dari 21 negara dari Eropa serta 13 dari negara berkembang. Adapun negara Indonesia masuk menjadi anggota Konvensi Ramsar pada tahun 1991 dengan diterbitkannya Keppres 48 Tahun 1991 yang merupakan Ratifikasi Konvensi Ramsar di Indonesia. Untuk diketahui sobat Pelajarancg.blogspot.com bahwa mulai tahun 1997 segenap negara-negara anggota Konvensi Ramsar setiap tanggal 2 Februari memperingati Hari Lahan Basah Sedunia (HLBS).

Pelajari juga KOMPONEN EKOSISTEM, PERAN, DAN INTERAKSINYA

Untuk diketahui sobat Pelajarancg.blogspot.com bahwa tujuan dari peringatan HLBS tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional akan pentingnya penanganan masalah lahan basah bagi manusia dan bumi baik ditingkat global, regional maupun nasional. Penyelenggaraan peringatan Hari lahan basah Sedunia (HLBS) merupakan konsekuensi keikutsertaan Indonesia sebagai anggota Konvensi Ramsar. Acara diselenggarakan lintas departemen dan sebagai focal point Konvensi Ramsar di Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Ditjen KSDAE) melalui Direktorat Bina Pengelolaan dan Pemulihan Ekosistem (BPPE) sebagai leading institution penyelenggara HLBS.

Post a Comment for "SEJARAH PERINGATAN HARI LAHAN BASAH SEDUNIA"