LITERASI: PENGERTIAN, JENIS-JENIS, DAN TUJUANNYA

Ilustrasi Guru Mengajar
Foto: Stokphoto



Pelajarancg.blogspot.com, Jakarta - Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam KBBI kemdikbud, literasi memiliki tiga pengertian.


Pertama, literasi adalah kemampuan menulis dan membaca. Kedua, literasi yaitu pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu. Ketiga, literasi merupakan kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.


Melihat pengertiannya, literasi dapat digunakan sebagai salah satu cara yang bijaksana untuk memperluas wawasan dan memperoleh informasi baru. Dalam dunia pendidikan, literasi bahkan digunakan sebagai salah satu parameter penilaian terhadap siswa dan sistem belajar yang diberikan oleh guru di kelas. Berikut Pelajarancg.blogspot.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (17/2/2023) tentang literasi.


JENIS-JENIS LITERASI

Mengacu pada pengertian secara umum dan pengertian menurut KBBI kemdikbud yang sudah dijelaskan di atas, artinya literasi bisa dibagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya adalah:


1. Literasi Dasar

Literasi dasar merupakan kemampuan dasar membaca, menulis, berhitung, dan mendengarkan. Literasi ini merupakan pondasi awal untuk modal seseorang berkomunikasi. Literasi ini bertujuan untuk mampu mengoptimalkan kemampuan untuk berhitung, berkomunikasi, serta baca tulis.


2. Literasi Media

Literasi media merupakan kemampuan untuk seseorang dapat memahami dan mengerti berbagai bentuk media dan cara pengoperasiannya. Media di sini tidak hanya terbatas pada media cetak maupun elektronik.


3. Literasi Visual

Literasi visual merupakan literasi yang menitik beratkan pada kemampuan seseorang dalam menginterpretasikan dan memahami suatu informasi dalam bentuk visual. Literasi jenis ini berangkat dari pemahaman bahwa visual/gambar dapat dibaca. Bentuk visual/gambar mampu dikomunikasikan sebagai sebuah bacaan.


4. Literasi Perpustakaan

Literasi perpustakaan melibatkan karya tulis fiksi maupun non-fiksi,melibatkan indeks dan katalog. Literasi perpustakaan merupakan kemampuan memahami, membedakan karya tulis, dan mengetahui cara pemakaian dari indeks dan katalog. Kemampuan memahami informasi pada literasi perpustakaan juga berguna untuk dapat membuat karya tulis maupun penelitian.


5. Literasi Teknologi

Literasi teknologi merupakan literasi yang berkaitan dengan teknologi. Literasi teknologi merupakan kemampuan untuk menggunakan internet, mengerti hardware dan software, serta memahami etika penggunaan teknologi.


TUJUAN LITERASI DALAM ISTILAH UMUM

Adanya paradigma literasi ini tentu bukan tanpa tujuan yang nyata. Melihat dari berbagai pengertian dan jenis-jenis yang telah disebutkan diatas oleh para ahli, maka secara umumnya dapat diambil beberapa tujuan literasi antara lain yaitu:
  • Memperkuat nilai kepribadian dengan membaca dan menulis
  • Dapat mengembangkan dan menumbuhkan budi pekerti yang baik
  • Memberikan penilaian kritis pada karya tulis seseorang
  • Dapat mengembangkan dan menumbuhkan budaya literasi di sekolah maupun masyarakat.
  • Mengisi waktu dengan literasi agar lebih berguna
  • Dapat meningkatkan pengetahuan yang dimiliki dengan cara membaca segala macam informasi yang bermanfaat.
  • Dapat meningkatkan pemahaman seseorang dalam mengambil intisari dari suatu bacaan.



TUJUAN LITERASI DALAM KEMDIKBUD

Literasi itu sendiri terdiri dari beberapa tujuan. Dalam tulisan ini literasi dasar yang diacu adalah konsep literasi dasar yang digunakan oleh Kemdikbud dalam gerakan literasi nasional (gln.kemdikbud.go.id).


Adapun tujuan Gerakan Literasi Nasional yakni:
  • Membangun budaya literasi
  • Menyiapkan Generasi Emas Indonesia 2045
  • Menguatkan pendidikan karakter sebagai ruh dan fondasi pendidikan melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik)
  • Merevitalisasi dan memperkuat kapasitas ekosistem pendidikan
  • Melestarikan kebudayaan dan jati diri bangsa Indonesia dalam mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM)



Itulah beberapa penjelasan mengenai literasi digunakan sebagai salah satu parameter penilaian terhadap siswa dan sistem belajar yang diberikan oleh guru di kelas yang perlu pihak sekolah ketahui.(ncg/ncg)


Pelajari juga: PENGERTIAN UJI KOMPETENSI KEAHLIAN, SASARAN, JENIS, TUJUAN DAN MEKANISME


Dapatkan informasi materi gerakan literasi nasional (gln) dari Kurikulum Pelajarancg Terbaru dengan ikuti akun Instagram: https://www.instagram.com/pelajarancg/

Post a Comment for "LITERASI: PENGERTIAN, JENIS-JENIS, DAN TUJUANNYA"