MENGAPA KEANEKARAGAMAN HAYATI PERLU LESTARI?

https://pelajarancg.blogspot.com/2023/02/mengapa-keanekaragaman-hayati-perlu-lestari.html


Pelajarancg.blogspot.com - Keanekaragaman hayati perlu lestari karena sangat penting untuk proses yang mendukung semua kehidupan di Bumi, termasuk manusia. Tanpa berbagai hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, kita tidak dapat memiliki ekosistem sehat yang kita andalkan untuk menyediakan udara yang kita hirup dan makanan yang kita makan. Dan orang juga menghargai nilai alam itu sendiri.


Beberapa aspek keanekaragaman hayati secara naluriah dihargai secara luas oleh orang-orang, tetapi semakin kita mempelajari keanekaragaman hayati, semakin kita melihat bahwa semua itu perlu dilestarikan lho sobat pelajarancg.blogspot.com, meskipun serangga dan bakteri yang tidak dapat kita lihat atau mungkin tidak kita sukai. Ada banyak cara manusia bergantung pada keanekaragaman hayati dan sangat penting bagi kita untuk melestarikannya. Penyerbuk seperti burung, lebah, dan serangga lainnya diperkirakan bertanggung jawab atas sepertiga produksi tanaman dunia. Tanpa penyerbuk kita tidak akan memiliki apel, ceri, blueberry, almond, dan banyak makanan lain yang kita makan. Pertanian juga bergantung pada invertebrata ya sobat, pelajarancg.blogspot.com mereka membantu menjaga kesehatan tanah tempat tanaman tumbuh. Tanah penuh dengan mikroba yang sangat penting bahkan perlu dilestarikan untuk membebaskan nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh, yang kemudian juga diberikan kepada kita saat kita memakannya. Kehidupan dari lautan menyediakan sumber utama protein hewani bagi banyak orang.

Pelajari juga KONSEP, DEFINISI, DAN PENGERTIAN KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN

Pepohonan, semak-semak dan lahan basah serta padang rumput liar secara alami memperlambat air dan membantu tanah menyerap curah hujan. Ketika mereka tak lestari maka akan dapat meningkatkan banjir. Pohon dan tumbuhan lain membersihkan udara yang kita hirup dan membantu kita mengatasi tantangan global perubahan iklim dengan menyerap karbon dioksida. Terumbu karang dan hutan bakau bertindak sebagai pertahanan alami yang melindungi garis pantai dari gelombang dan badai.


Banyak dari obat-obatan kita, bersama dengan bahan kimia kompleks lainnya yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti lateks dan karet, juga berasal dari tumbuhan. Menghabiskan waktu di alam semakin dipahami mengarah pada peningkatan kesehatan fisik dan mental manusia. Memiliki ruang hijau dan pepohonan di kota-kota telah terbukti mengurangi rawat inap, mengurangi stres, dan menurunkan tekanan darah.


Contoh Soal dan Jawaban Tentang Keanekaragaman Hayati

Soal
  1. Apa itu Keanekaragaman Hayati?
  2. Mengapa Keanekaragaman Hayati Perlu Lesatari?
  3. Bagaimana kita mengukur keanekaragaman hayati?
  4. Berapa skala hilangnya itu keanekaragaman hayati?
  5. Apa yang dapat kita lakukan untuk melestarikan keanekaragaman hayati?
  6. Apa yang dapat saya lakukan sebagai individu untuk melestarikan keanekaragaman hayati?



Jawaban
  1. Keanekaragaman hayati adalah semua makhluk hidup di planet kita – dari bakteri terkecil hingga tumbuhan dan hewan terbesar. Sejauh ini, kami telah mengidentifikasi sekitar 1,6 juta spesies, tetapi itu mungkin hanya sebagian kecil dari bentuk kehidupan di Bumi.
  2. Pelajarancg.blogspot.com - Keanekaragaman hayati perlu lestari karena sangat penting untuk proses yang mendukung semua kehidupan di Bumi, termasuk manusia. Tanpa berbagai macam hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, kita tidak dapat memiliki ekosistem yang sehat.
  3. Masih banyak yang belum kita ketahui tentang kompleksitas keanekaragaman hayati di Bumi. Ada sejumlah cara untuk mengukurnya, dengan menghitung spesies sebagai pendekatan yang paling umum. Sejauh ini, Kita telah mengidentifikasi 1,6 juta spesies tetapi Kita tidak tahu berapa banyak lagi yang mungkin ada. Diperkirakan bahwa 84% spesies mungkin masih belum teridentifikasi dan dengan sebagian besar spesies langka, pengukuran bisa menjadi sulit.
  4. Daftar kepunahan baru-baru ini yang diketahui masih merupakan sebagian kecil dari semua spesies di planet ini, tetapi jauh di atas tingkat pramanusia dan bukti menunjukkan bahwa itu meningkat dengan cepat.
  5. Hilangnya habitat alami telah terjadi selama ribuan tahun, namun para ilmuwan yakin bahwa kita memiliki cara untuk membantu pelestarian untuk pemulihan keanekaragaman hayati. Upaya global sejauh ini belum cukup. Kita harus menghasilkan makanan dengan lebih efisien menggunakan lebih sedikit lahan dan lebih sedikit limbah. Kita juga harus mengubah bagaimana dan di mana kita melakukan urbanisasi dan industrialisasi lanskap dan lautan, dan bagaimana kita menghasilkan energi. Lebih memperhatikan berbagai nilai alam, termasuk menempatkan nilai finansial pada alam, juga dapat membantu kita menghindari kehilangan lebih banyak keanekaragaman hayati.
  6. Sementara perubahan skala besar dalam perilaku, kebijakan dan langkah-langkah yang melindungi keanekaragaman hayati akan sangat perlu agar alam lestari, individu memiliki peran penting dalam melestarikannya. Konsep mengurangi pola konsumsi dapat dimulai pada tingkat individu melalui pilihan sadar tentang makanan yang kita makan, produk yang kita beli, dan layanan yang kita gunakan.


Pelajari juga PERBEDAAN EKOSISTEM BUATAN DAN EKOSISTEM ALAMI

Sebelum Anda pergi...

DI Kurikulum Pelajarancg, satu-satunya tujuan kami adalah untuk membangun kembali kepercayaan dan layanan yang digunakan dengan membuat informasi yang benar tersedia untuk semua orang. Dengan terus kunjungi tulisan kami, Anda bisa mendapatkan tips dan tren terbaru mengenai materi pembelajaran dari tim ahli Kurikulum Pelajarancg di sekolah Anda. Temukan modul lainnya dan jangan pernah melewatkan wawasan.


Temukan tulisan Kurikulum Pelajarancg di https://pelajarancg.blogspot.com/

Post a Comment for "MENGAPA KEANEKARAGAMAN HAYATI PERLU LESTARI?"