MENGENAL 5 JENIS EKOSISTEM

mengenal-5-jenis-ekosistem
Ilustrasi. Foto Unsplash
Ilustrasi. Foto Unsplash

Pelajarancg.blogspot.com - Hutan adalah salah satu dari contoh jenis ekosistem terpenting di dunia. Hutan mengeluarkan oksigen dalam jumlah besar, dan menampung lebih dari tiga perempat total spesies hewan dan tumbuhan dunia.

Pelajari juga MENGENAL KOMPONEN EKOSISTEM

1. Ekosistem Hutan

Ekosistem hutan adalah jaring yang sangat kompleks dari spesies pohon dan hewan yang berbeda, ditambah banyak spesies jamur dan bakteri yang berinteraksi satu sama lain. Jenis ekosistem ini bermacam-macam sesuai dengan iklim tempat tinggalnya; ekosistem yang paling bermacam-macam atau beragam secara biologis di dunia ditemukan di hutan hujan tropis, yang memiliki banyak spesies pohon dan hewan. Namun, hutan beriklim sedang dan boreal juga memiliki spesies flora dan fauna masing-masing.

Pelajari juga PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI DUNIA

2. Ekosistem Padang Rumput

Ekosistem padang rumput ditemukan di berbagai zona iklim dunia yang berbeda, dari sabana tropis hingga stepa lintang menengah, dan bahkan di seluruh bagian bioma tundra. Berbagai spesies rumput yang berbeda membentuk sebagian besar ekosistem ini, bersama dengan berbagai spesies tumbuhan ataupun tanaman kecil, semak, dan kadang-kadang pohon. Akibatnya, jenis ekosistem ini memiliki keanekaragaman hayati yang lebih rendah daripada hutan, meskipun berbagai spesies hewan dari mamalia hingga serangga menghuni padang rumput, dengan herbivora memakan rumput, dan karnivora memakan spesies hewan lainnya.


3. Ekosistem Gurun

Karena kurangnya curah hujan, gurun membentuk ekosistem paling tandus di dunia, dan mengandung biomassa yang rendah, dibandingkan dengan kebanyakan ekosistem lainnya. Semakin sedikit curah hujan, semakin rendah keanekaragaman hayati, dengan gurun yang sangat gersang sering kali tidak menyimpan tumbuhan atau hewan apa pun, hanya bakteri. Spesies flora dan fauna khas termasuk kaktus, tanaman kecil dan semak, serangga, ular, dan kadal. Setiap kehidupan biologis dalam jenis ekosistem ini beradaptasi dengan sangat baik terhadap kondisi yang sangat keras, bahkan banyak spesies hewan yang beracun, sedangkan spesies tumbuhan sering membutuhkan sedikit air, dengan akar yang menjangkau hingga ke air tanah.


4. Ekosistem Tundra

Ekosistem tundra memiliki keanekaragaman hayati yang relatif rendah, karena kondisi dingin yang sangat keras yang terjadi pada jenis ekosistem ini hampir sepanjang tahun. Spesies tanaman yang umum termasuk rerumputan, tanaman, dan semak dataran rendah, yang dirancang untuk menahan angin kencang dan hujan salju lebat yang terjadi. Setiap pohon termasuk jenis pohon jarum dan ditemukan di bagian tundra yang sedikit lebih hangat. Ekosistem diatur dengan tepat sehingga, selama musim panas yang singkat, tundra meledak menjadi kehidupan, ini juga mempengaruhi bermacam-macam dan beragam spesies tanaman mekar dan tumbuh, penyerbukan serangga terjadi, dan hewan melahirkan anak mereka. Banyak spesies burung yang bermigrasi menyebut tundra sebagai rumah mereka selama musim panas.

Pelajari juga JENIS-JENIS EKOSISTEM AIR TAWAR

5. Ekosistem Perairan

Ekosistem perairan didefinisikan sebagai komunitas organisme yang hidup dan berinteraksi satu sama lain di lingkungan berbasis air. Pengertian ini mencakup berbagai lingkungan, termasuk (namun tidak terbatas pada) tanah rawa, danau, sungai, muara, laut, dan samudra. Namun, ekosistem perairan menjadi semakin terancam dalam beberapa dekade terakhir karena polusi, penghilangan vegetasi, penangkapan ikan berlebihan, dan spesies invasif. Ada banyak pendekatan untuk melestarikan ekosistem perairan, berdasarkan sifat masalah dan jenis saluran air.

Pelajari juga DEFINISI DAN PENGERTIAN ILMU EKOLOGI

Sebelum Anda pergi...

DI Kurikulum Pelajarancg, satu-satunya tujuan kami adalah untuk membangun kembali kepercayaan dan melayani publik dengan membuat informasi yang benar tersedia untuk semua orang. Dengan terus kunjungi tulisan kami, Anda bisa mendapatkan tips dan tren terbaru mengenai materi pembelajaran dari tim ahli Kurikulum Pelajarancg di sekolah Anda. Temukan modul lainnya dan jangan pernah melewatkan wawasan.


Temukan tulisan Kurikulum Pelajarancg di https://pelajarancg.blogspot.com/

Post a Comment for "MENGENAL 5 JENIS EKOSISTEM"