MENGENAL 4 SIFAT MULIA RASULULLAH YANG PATUT KITA CONTOH

Rasulullah SAW lahir ke dunia membawa ke hidupan yang baru. Kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah rahmat bagi seluruh semasta alam. Sebagaimana sobat kurikulum Pelajarancg.blogspot.com telah pelajari di sekolah, bahwa Rasulullah Muhammad SAW memiliki akhlak dan sifat yang sangat mulia, sehingga patut dijadikan teladan bagi umat muslim semua. Nah, meneladani akhlak serta sifat Nabi Muhammad SAW adalah salah satu bentuk dari cinta dan kasih sayang kita terhadap Rasul. Lalu bagaimana cara meneladaninya? Caranya, Kita bisa menjalankan sunnah dan perintah Rasul di dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga dapat mencontoh cinta dan kasih sayang sahabat-sahabat Rasulullah SAW, seperti misalnya pamannya Hamzah yang rela berkorban untuk melindungi Rasul di perang Uhud, atau bilal yang gembira akan bertemu Rasul disaat hari kematiannya.


Sebagaimana sobat kurikulum Pelajarancg.blogspot.com telah pelajari di materi sekolah, dalam surat al-ahzab ayat 21, Allah SWT berfirman bahwa sudah ada suri tauladan dalam diri Nabi Muhammad SAW yang patut kita teladani. Nabi Muhammad SAW merupakan nabi dan utusan Allah yang pastinya sudah diberikan bekal, yaitu kemuliaan. Nah sifat Nabi Muhammad SAW yang mulia ini juga dapat kita teladani.

Pelajari juga : MENGENAL 4 HIKMAH DI BALIK PERJALANAN NABI MUHAMMAD SAW YANG PERLU KITA KETAHUI

SIFAT MULIA RASULULLAH YANG PATUT KITA CONTOH

Sebagaimana sobat kurikulum Pelajarancg.blogspot.com telah pelajari di materi sekolah, dalam surat al-ahzab ayat 21, Allah SWT berfirman bahwa sudah ada suri tauladan dalam diri Nabi Muhammad SAW yang patut kita teladani. Nabi Muhammad SAW merupakan nabi dan utusan Allah yang pastinya sudah diberikan bekal, yaitu kemuliaan.


Ada empat sifat mulia Rasul yang patut kita teladani dan contoh, yaitu:


1. Shidiq (jujur)

Sifat pertama yakni, jujur dalam perkataan dan perbuatan. Dalam pandemi ini, kita dapat menerapkannya di saat pembelajaran online. Contohnya, mengerjakan tugas-tugas sekolah dan ujian dengan jujur. Atau jujur terhadap orangtua (dan orang lainnya).


2. Amanah (dapat dipercaya)

Biasa dipercaya yakni sifat kedua Rasul yang patut kita teladani dan dicontoh. Amanah yang artinya bisa dipercaya untuk menyelesaikan masalah orang satu dengan orang lain, karena semua orang percaya terhadap Rasul. Rasulullah pastinya mengerjakan apa yang dipercayakan oleh beliau dengan sungguh-sungguh. Oleh karena itu, kita bila diberikan kepercayaan terhadap orangtua, teman, ataupun guru untuk mengerjakan sesuatu (contohnya menjadi ketua osis atau apapun itu) harus mengerjakan dengan sugguh-sungguh. Janganlah menghianati kepercayaan dari orang yang sudah mempercayai kita.

Pelajari juga : PELAJARI 3 SIFAT-SIFAT RASULULLAH

3. Tabligh (menyampaikan)

Sifat kedua yakni, menyampaikan. Rasul mendapat wahyu dari Allah SWT yang nantinya akan diberitahukan ke kaumnya. Rasul selalu memberitahu wahyu Allah SWT dengan detail dan tepat. Nah, kita dapat meneladani akhlak dan sifat Nabi Muhammad SAW ini dengan menyampaikan persis seperti apa yang di dengar dari orang yang memberitahu kita. Jangan pernah menambah-nambahkan atau bahkan menyembunyikannya.


4. Fatanah (cerdas)

Keempat yaitu sifat mulia Rasul yang patut kita teladani dan contoh, ialah: Fatanah. Allah SWT sudah membekali Rasul dengan Fatanah atau kecerdasan karena risalah beliau yang berat. Rasulullah pasti bisa menyelasaikan suatu masalah dengan bijaksana. Oleh karena itu, kita sebagai umat islam harus menuntun ilmu agar menjadi cerdas. Nah, dengan cerdas kita dapat membantu banyak orang, dan membantu diri sendiri. Misal, kita menjadi susah untuk ditipu, dapat menyelesaikan masalah dengan baik, dapat menyampaikan suatu dakwah, dan memberikan solusi dari suatu masalah.


PENUTUP

Diluar 4 sifat mulia Sebagaimana disebutkan kurikulum Pelajarancg.blogspot.com diatas, Rasulullah juga mempunyai sifat mulia lainnya. Yakni, Nabi Muhammad SAW jauh dari maksiat. Walau beliau merupakan manusia biasa yang pernah lupa, namun Allah SWT pasti memberitahu Rasul, yang nantinya Rasul pasti akan melaksanakannya. Beliau juga dikenal sebagai Al-amin (orang yang dipercaya) oleh orang Mekkah, bahkan diusianya yang begitu muda.

Pelajari juga : PERBEDAAN NABI DAN RASUL, PELAJARI PENJELASANNYA

Walau kita tidak bisa benar-benar menjadi seperti Nabi Muhammad SAW, namun kita bisa berusaha sebaik-baiknya untuk meneladani sifat-sifat beliau. Kebaikan tersebut akan berpengaruh baik bagi masa depan kita.****

Post a Comment for "MENGENAL 4 SIFAT MULIA RASULULLAH YANG PATUT KITA CONTOH"