INILAH KEUTAMAAN SHOLAT IDUL ADHA

keutamaan-shalat-idul-adha
Gambar: Ucapan


Sebelum melaksanakan ibadah Qurban, umat muslim kerap melaksanakan sholat Idul Adha. Syekh Habib Hasan Al-kaff menjelaskan bahwa ulama dari kalangan Syafi’i menyebutkan sholat Idul Adha hukumnya sunnah muakkad— sholat sunnah yang sangat dianjurkan. Seperti sholat-sholat lainnya, sholat Idul Adha pun memiliki banyak keutamaan yang jika dilakukan dengan baik kita akan mendapatkan pahala. Dikutip pelajarancg.blogspot.com dari Buku Fikih Kelas 4 MI kembali berqurban, berikut inilah keutamaan Shalat Idul Adha.


  1. Penyempurna Ibadah Qurban
Rasulullah saw. bersabda, “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya kurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan kurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah-sebagai qurban-di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.”

Pelajari juga: PELAJARAN FIKIH KELAS 4 MI TENTANG MATERI ZAKAT

Sholat idul adha menjadi penyempurna dari ibadah qurban. Ibadah qurban sendiri merupakan ibadah yang sangat dicintai Allah SWT.


  1. Penghapus Dosa Selama Setahun
Selain sebagai penyempurna ibadah qurban, sholat idul adha juga dapat menghapus dosa selama setahun jika sebelumnya kita melaksanakan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.


  1. Melipatgandakan Amal Ibadah
Selain bulan Ramadhan, bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang juga suci dan mulia. Khususnya pada tanggal 10 Dzulhijjah yang menjadi Hari Raya Idul Adha. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Tiada hari yang di dalamnya ada suatu amal yang paling dicintai Allah kecuali hari-hari ini (Hari Raya Idul Adha).” Oleh karena itu, sholat idul Adha akan melipatgandakan pahala kita.

Pelajari juga: APAKAH PERBEDAAN ZAKAT MAL DAN ZAKAT FITRAH

Dikutip pelajarancg.blogspot.com dari: Berbagai Sumber

Post a Comment for "INILAH KEUTAMAAN SHOLAT IDUL ADHA"