MENGENAL DAPODIK

Aplikasi Dapodik 2023.d Untuk PAUD SD SMP SMA SMK
Aplikasi Dapodik 2023.d Untuk PAUD SD SMP SMA SMK


Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan (database) berskala nasional yang terintegrasi dengan data kependidikan lainnya. Dapodik merupakan sumber data utama dari berbagai Program perencanaan Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan insan yang cerdas dan kompetitif. Untuk mewujudkan program–program Pendidikan secara tepat, maka dibutuhkan data yang lengkap, akuntabel dan terus up to date serta di evaluasi secara berkala.

Pelajari materi Penerapan PAUD SD SMP SMA SMA Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka

Pendataan pada dapodik dirancang menggunakan internet sebagai pondasi dengan didukung oleh aplikasi yang handal. Dengan sistem online maka proses pengumpulan data diharapkan menjadi lebih cepat, efektif serta efisien. Data yang dientri oleh sekolah terdiri atas data sekolah, data siswa, kurikulum, data guru, karyawan, sarana-prasarana. Semua data tersebut, setelah dientri, harus dipastikan kelengkapan serta kevalidannya. Dengan data yang lengkap dan valid, maka proses perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi kinerja program-program Pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efesien dan berkelanjutan.


Dalam konteks ini Dapodik ibarat rencana pendidikan. Tanpa adanya perencanaan yang matang, tentu seluruh program pendidikan di Indonesia akan jauh dari tujuan yang dicanangkan.


Fungsi dapodik

Saat ini, dapodik bisa dikatakan menjadi satu-satunya acuan data yang digunakan pemerintah sebagai pusat data pendidikan nasional. Namun ke depan, fungsi Dapodik akan terus mengalami perkembangan sesuai dengan perubahan kebijakan dan program pendidikan dari Kemendikbud ristek.


Berikut ini adalah beberapa fungsi dari dapodik:
  1. Pemetaan Kebutuhan guru disetiap daerah diwilayah Indonesia
  2. Menentukan Alokasi kuota penerima tunjangan-tunjangan bagi guru yang memenuhi syarat
  3. Basis data untuk Zonasi, dikarenakan dapodik menyediakan alamat peserta didik dan sekolah, sehingga dapat menjadi rujukan zonasi PPDB
  4. Dapat digunakan untuk verifikasi dan validasi data di satuan Pendidikan, Guru, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  5. Menjadi acuan dalam kebijakan yang akan dikeluarkan Kementerian Pendidikan
  6. Menentukan jumlah dana bantuan, karena besar kecil bantuan tergantung jumlah peserta didik yang terdaftar di dapodik
  7. Pengajuan dan perbaikan data kelembagaan sekolah, dengan cara dilaporkan secara lengkap kondisi sarana dan prasarananya melalui Dapodik
  8. Mempercepat dan mengefektifkan pelaporan data sekolah ke Kementerian serta meminimalisir resiko penyimpangan dan pelanggaran pengelolaan pendidikan.
  9. Pengkuran Mutu Pendidikan oleh Dinas Pendidikan di daerah atau LPMP.
  10. Data dari aplikasi Dapodik digunakan sebagai acuan data program-program Kemendikbud ristek. Oleh karena itu apabila sekolah tidak mengisi Dapodik dengan benar maka akan membawa dampak negatif bagi sekolah. Sebagai contoh sekolah tersebut tidak akan mendapatkan berbagai macam bentuk bantuan, temasuk dana BOS, tunjangan guru, bantuan sarana dan prasarana bagi sekolah.



Manfaat lainnya

Adapun manfaat lain dari Dapodik adalah menjadikan data pendidikan dari seluruh Indonesia bisa tersimpan dalam satu tempat. Sehingga untuk pengolahannya akan semakin mudah. Data yang masuk ke dalam sistem Dapodik bermacam-macam. Mulai dari data kelembagaan, data siswa, kurikulum, data guru, karyawan, sarana-prasarana, dan lain sebagainya. Dapodik tidak hanya diisi oleh sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Sekolah Indonesia yang berada di luar negeri juga wajib mengentri data kependidikannya melalui aplikasi Dapodik. Tujuannya adalah ini untuk melaporkan data-data di lembaganya.


Jika sekolah tidak mengisi dapodik, maka sekolah dianggap tidak ada, karena tidak terdaftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Sehingga secara otomatis sekolah tersebut tidak akan menerima semua manfaat dari keberadaan Dapodik sebagaimana dijelaskan sebelumnya.


Semoga dengan mengenal tentang pengertian dapodik, Fungsi dapodik, dan manfaat dari keberadaan Dapodik, sebagaimana dijelaskan sebelumnya dalam artikel kurikulum pelajarancg.blogspot.com diharap pendataan pada dapodik dirancang menggunakan internet sebagai pondasi dengan didukung oleh aplikasi yang handal ya sobat pelajarancg, Semoga. (smk/smk)

Post a Comment for "MENGENAL DAPODIK"