RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 7 - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Perkembangan Teknologi merupakan perubahan sistematis yang terjadi terhadap teknologi. Selama beribu-ribu tahun lalu teknologi sudah dikenal oleh manusia, hanya saja bentuk-bentuknya tidak secanggih dengan apa yang kita temukan di masa kini. Salah satu contoh jenis atau macam Teknologi yang diajarkan oleh siswa dalam buku Materi Kelas 3 SD Tema 7 Kurikulum 13 adalah Perkembangan Teknologi Pangan. Tentu banyak sekali materi pembahasan pada buku tersebut. Oleh sebab itu untuk memudahkan penjelasan mengenai perkembangan Perkembangan Teknologi dibutuhkan rangkuman singkat namun dapat mewakili semua materi yang terdapat pada mata kurikulum pelajarancg di tema 7 ini. Berikut beberapa rangkuman dari materi kelas 3 Sekolah Dasar (SD/MI) dengan tema tentang Perkembangan Teknologi untuk siswa tingkat dasar di kelas 3 dari pelajarancg.blogspot.com


Menurut para ahli seperti dalam Ruhimat, 2011:152 berpendapat bahwa Bahan atau materi pembelajaran pada dasarnya adalah “isi” dari kurikulum, yakni berupa mata pelajaran atau bidang studi dengan topik/subtopik dan rinciannya. Oleh karena itu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Dalam RPP tentang Buku ajar Tema 7 Perkembangan Teknologi Kelas 3 bertujuan diantaranya:
  1. Siswa dapat mengidentifikasi perkembangan teknologi pangan dengan benar.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan pentingnya memaham keragaman individu berkaitan dengan produk dan teknologi pangan yang benar
  3. Siswa dapat menentukan luas dan volume permukaan bidang dalam satuan tidak baku.
  4. Siswa dapat memahami perbedaan pola irama yang terdapat pada sebuah lagu dengan tepat.
  5. Siswa dapat mengenal cara melakukan aktivitas dalam air dengan aman.

Baca: SOAL TEMATIK KELAS 3 TEMA 4 SUBTEMA 1 DAN JAWABAN UNTUK SEKOLAH TINGKAT SD/MI


Jadi untuk mengenal Siswa/ pelajar Kelas 3 SD/MI tentang Perkembangan Teknologi yang terdapat pada tema 7. Berikut adalah Rangkuman-rangkuman singkat yang diringkas dalam tulisan pelajarancg.blogspot.com sebagai Materi atau Bahan pembelajaran pada dasarnya.

https://pelajarancg.blogspot.com/

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 SD/MI TEMA 7 TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PANGAN

1. Teknologi pangan adalah penerapan ilmu pengetahuan untuk mengolah bahan pangan. Teknologi pangan dilakukan agar bahan pangan selalu tersedia. Teknologi pangan dilakukan dengan cara mengolah, menyimpan, mengemas, dan mengawetkan bahan pangan.


2. Teknologi Sandang adalah penerapan ilmu pengetahuan untuk mengolah bahan sandang. Teknologi pangan dilakukan agar bahan sandang selalu tersedia. Teknologi sandang dilakukan dengan cara mengolah, menyimpan, mengemas, dan mengawetkan bahan sadang.


3. Perbedaan merupakan anugerah dari Tuhan. Kita harus menyikapi setiap perbedaan itu dengan sikap-sikap yang terpuji.


4. Pola irama adalah panjang pendeknya bunyi. Setiap lirik lagu memiliki pola irama yang berbeda.


5. Teknik paling dasar dalam renang adalah menahan napas di dalam air dan mengambang di atas permukaan air.


6. Luas bangun datar dapat ditentukan dengan menggunakan persegi satuan.


7. Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia. Pakaian digunakan untuk melindungi tubuh dari kotoran, debu, udara panas dan udara dingin.


8. Pakaian dibuat dari bahan dasar alami dan sintetik. Bahan dasar pakaian alami misalnya kapas, bulu domba, dan kepompong ulat sutra.


9. Pengolahan bahan sandang menjadi pakaian mengalami perkembangan dari cara tradisional (menggunakan alat tradisional) menjadi cara modern (menggunakan mesin)


Baca: RANGKUMAN PELAJARAN SEJARAH LENGKAP TIAP BAB UNTUK KELAS 10 SMA


10. Kita harus menghargai keragaman yang ada di masyarakat.


11. Gerak tari Pattenung menggambarkan kebiasaan perempuan Bugis menenun pakaian.


12. Komunikasi adalah proses penyampaian berita atau pesan kepada orang lain, baik secara langsung atau tidak langsung.


13. Perkembangan teknologi komunikasi ditandai dengan semakin banyak alat komunikasi.


14. Simbol atau rambu keselamatan di kolam renang merupakan bagian dari cara berkomunikasi.


15. Kita harus menjaga keselamatan diri kita dan orang lain di kolam renang.


16. Kita wajib menghargai perbedaan kemampuan setiap orang.


17. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi tidak boleh dimanfaat untuk menyebarkan berita bohong.


18. Perkembangan transportasi menggunakan alat mulai berkembang dengan adanya penemuan roda.


19. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif dan rangkaian kereta atau gerbong. Kereta api dapat digerakkan oleh uap kayu bakar, diesel (batubara), maupun listrik.


20. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak suku bangsa.


20. Salah satu alat transportasi air adalah kapal laut. Perkembangan kapal laut adalah kano atau sampan yang digerakkan oleh dayung, perahun layar, perahu uap, dan perahu motor.


21. Pesawat terbang merupakan alat transportasi udara paling diminati oleh banyak orang karena dapat menghemat waktu.


22. Pesawat terbang dapat mengudara karena mendapat daya dorong mesin sehingga udara memberi gaya angkat terhadap sayap pesawat.


Baca:




KESIMPULAN RANGKUMAN MATERI TEMA 7 KELAS 3 SD/MI

Dari Buku Siswa Tematik SD Tema 7 Perkembangan Teknologi Untuk Kelas 3 SD dan MI, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Perkembangan Teknologi adalah perubahan sistematis yang terjadi terhadap teknologi. Selama beribu-ribu tahun lalu teknologi sudah dikenal oleh manusia, hanya saja bentuk-bentuknya tidak secanggih dengan apa yang kita temukan di masa kini.


Dalam Buku Tematik Kelas 3 tersebut disusun berdasarkan pengembangan Standar Isi Mata Pelajaran Tematik. Buku ini terdiri atas 8 jilid, yaitu Jilid I, Jilid II, Jilid III, Jilid IV, Jilid V, Jilid VI, Jilid VII, dan Jilid VIII, salah satu materi didalamnya adalah Perkembangan Teknologi. Mudah-mudahan Isi dari rangkuman singkat namun dapat mewakili semua materi yang terdapat pada mata kurikulum pelajarancg di tema 7 ini sebagai pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Demikian rangkuman dari materi kelas 3 Sekolah Dasar (SD/MI) dengan tema tentang Perkembangan Teknologi untuk siswa tingkat dasar di kelas 3 dari pelajarancg.blogspot.com semoga bermanfaat!!!!

1 comment for "RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 7 - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI"