PERUBAHAN MATA PELAJARAN SMA BERDASARKAN STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA

PERUBAHAN MATA PELAJARANCG

Struktur Kurikulum SMA/MA Sekolah Penggerak terdiri atas Pembaharuan atau Perubahan mata pelajaran:


Sekolah dapat menentukan pengorganisasian IPA dan IPS berdasarkan sumberdaya yang tersedia, yaitu dengan memilih:
  • Sistem blok - team teaching dalam perencanaan namun guru Fisika, Kimia, Biologi mengajar bergantian
  • Sebagai mata pelajaran berdiri sendiri-sendiri
  • Terintegrasi - team teaching dalam perencanaan dan pembelajaran
Setiap tengah dan akhir semester ada unit inkuiri yang mengintegrasikan mapel-mapel dalam masing-masing IPA dan IPS
Siswa menulis esai sebagai salah satu syarat kelulusan. Partisipasi dalam berbagai kegiatan pembelajaran diharapkan memberi inspirasi terkait topik yang dipilih.
Kurikulum 2013 Arah perubahan pembelajaran
Siswa langsung masuk dalam program peminatan (IPA, IPS, atau Bahasa & Budaya) Belum ada peminatan, siswa mengambil semua mata pelajaran wajib
Di kelas 10 siswa menyiapkan diri untuk menentukan pilihan mata pelajaran di kelas 11. Siswa perlu berkonsultasi dengan guru BK, wali kelas, dan orang tua.
Tidak ada mata pelajaran IPA dan IPS. Mata pelajaran langsung spesifik pada Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, dsb. Mata pelajaran kelompok IPA dan IPS terdiri dari:
  1. IPA: Fisika, Kimia, Biologi (6JP)/minggu
  2. IPS: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi (8JP/minggu)



Pembaharuan pembelajaran bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran yang sudah dimulai pada kurikulum-kurikulum sebelumnya.


Karena itu, pembelajaran paradigma baru pun disertai dengan penyesuaian kurikulum ke Kurikulum Merdeka. Struktur kurikulum ini didasari tiga hal yaitu berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel dan karakter Pancasila.


Selain itu, struktur kurikulum berbasis konteks satuan pendidikan pun kembali dikuatkan.


Beberapa prinsip dalam pengembangan struktur Kurikulum Merdeka:
  1. Struktur Minimum. Struktur kurikulum minimum ditetapkan tapi satuan pendidikan bisa mengembangkan program dan kegiatan tambahan sesuai visi misi dan juga sumber daya yang tersedia.
  2. Otonomi. Kurikulum memberi kemerdekaan pada satuan pendidikan dan pendidik untuk merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual.
  3. Sederhana. Perubahan yang terjadi adalah seminimal mungkin dengan beberapa aspek yang berubah secara signifikan dari kurikulum sebelumnya. Tapi, tujuan, arah perubahan, dan rancangannya jelas dan mudah dipahami sekolah dan pemangku kepentingan.
  4. Gotong Royong. Pengembangan kurikulum dan bahan ajar adalah hasil kolaborasi puluhan institusi, di antaranya Kementerian Agama, universitas, sekolah dan lembaga pendidikan lainnya.



https://pelajarancg.blogspot.com/


Pelajari: PERUBAHAN MATA PELAJARAN SMP BERDASARKAN STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA

Struktur Per Kelas

Pembelajaran jenjang SMA/MA diatur berdasarkan Kelas, seperti yang sudah diterapkan pada Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan.

Pelajari: MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA 2022 JENJANG SD

Unduh Struktur Kurikulum SMA/MA Kelas 10

Perubahan mata pelajaran: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti*, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti*, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti*, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti*, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti*, Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti*, Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Budi Pekerti*, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPAS (IPA & IPS di K13), Pilihan minimal 1: a) Seni Musik, b) Seni Rupa, c) Seni, Teater, d) Seni Tari, PJOK, dan Muatan Lokal**** terdapat pada file yang telah disediakan kurikulum pelajarancg.blogspot.com: *DOWNLOAD*


Total jp/minggu = 44


22 jp dialokasikan untuk mapel pilihan dari kelompok IPA, IPS, Bahasa dan Budaya, dan Vokasi


Hanya mapel kelompok umum (highlighted hijau dalam tabel) yang diintegrasikan dengan projek kokurikuler


*Pilih salah satu


**Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek (hanya 27 minggu)


***Diselenggarakan bila Satuan Pendidikan memiliki sumberdaya yang mencukupi. Jika sekolah membuka kelompok ini, siswa wajib mengambil minimal 1 mapel dari tiap kelompok


****opsional. Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel lain atau diajarkan melalui kegiatan projek.


Silahkan unduh lampiran File Alokasi waktu mata pelajaran SMA Kelas 11-12 dari K13 ke pembelajaran di Sekolah Penggerak yang telah disediakan kurikulum pelajarancg untuk mempelajari uraian lengkapnya.


Unduh Struktur Kurikulum SMA/MA Kelas 11-12

SMA (Kelas 11 dan 12) Paduan antara peminatan dan perkembangan holistik.

Kurikulum 2013 Arah perubahan pembelajaran
Pilihan program peminatan (sejak kelas 10)
Siswa yang masuk ke dalam suatu program cenderung hanya akan mempelajari disiplin ilmu tersebut saja. Kesempatan untuk eksplorasi disiplin ilmu yang lain semakin sempit.

Siswa perlu mengambil keputusan tentang studi di perguruan tinggi sejak lulus SMP, dan kajian menunjukkan bahwa banyak diantara mereka yang merasa salah jurusan

Terjadi stratifikasi program, di mana IPA dianggap lebih baik daripada yang lain, dan kesempatan untuk masuk ke berbagai program studi di perguruan tinggi lebih besar untuk lulusan program IPA

Angka siswa masuk perguruan tinggi masih rendah
Siswa memilih mata pelajaran dari kelompok pilihan

Siswa memilih mata pelajaran dari minimum 2 kelompok pilihan hingga syarat minimum jam pelajaran terpenuhi (total JP: 40/minggu; JP untuk mapel pilihan: 22 JP/minggu)

Ada 5 kelompok mata pelajaran yang direkomendasikan, yaitu:
  • MIPA: Matematika peminatan, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika
  • IPS: Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Antropologi
  • Bahasa dan Budaya: Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa Asing lainnya
  • Vokasi/Karya Kreatif: Budidaya, Rekayasa, dsb.
  • Seni dan Olahraga* (khusus untuk sekolah-sekolah yang ditetapkan pemerintah)



Sekolah membuka minimum 2 kelompok mata pelajaran. Apabila sumberdaya memungkinkan, sekolah dapat membuka lebih dari dua kelompok


Sekolah dapat bekerja sama dengan pemangku kepentingan setempat untuk mengembangkan CP mata pelajaran Vokasi



Perubahan mata pelajaran: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti*, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti*, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti*, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti*, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti*, Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti*, Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Budi Pekerti*, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPAS (IPA & IPS di K13), Pilihan minimal 1: a) Seni Musik, b) Seni Rupa, c) Seni, Teater, d) Seni Tari, PJOK, dan Muatan Lokal**** terdapat pada file yang telah disediakan kurikulum pelajarancg.blogspot.com: *DOWNLOAD*


Usulan:
  • Seperti K13, JP untuk Bahasa Indonesia dan Matematika bertambah dari kelas 1
  • IPAS belum diwajibkan di Kelas 2, meskipun CP IPAS untuk Fase A tersedia
  • Kemendikbud hanya mengatur total jam pelajaran pertahun dan rentang % alokasi waktu untuk projek per tahun.

    Contoh: Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 252 jam pelajaran per tahun dan 20-25% dari jam pelajaran tersebut digunakan untuk projek kokurikuler
    **Permendikbud 27/2016 Tentang Layanan Pendidikan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Pada Satuan Pendidikan
    ***Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek
    Matematika: 34 minggu
    ***opsional. Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel lain atau diajarkan melalui kegiatan projek.



Silahkan unduh lampiran File Alokasi waktu mata pelajaran SD Kelas 2 dari K13 ke pembelajaran di Sekolah Penggerak yang telah disediakan kurikulum pelajarancg untuk mempelajari uraian lengkapnya.

Pelajari: 3 KOMPONEN MODUL AJAR KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK


Silahkan unduh lampiran File Alokasi waktu mata pelajaran SD Kelas 4-6 dari K13 ke pembelajaran di Sekolah Penggerak yang telah disediakan kurikulum pelajarancg untuk mempelajari uraian lengkapnya.

Pelajari: PERUBAHAN MATA PELAJARAN SD BERDASARKAN STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA

Demikianlah penjelasan tentang Pembaharuan dan Perubahan mata pelajaran jenjang SMA Struktur Kurikulum Merdeka, semoga bermanfaat dan memberikan informasi tambahan terkait Mata Pelajaran berdasar Struktur Sekolah Penggerak ya sahabat pelajarancg.blogspot.com.

Post a Comment for "PERUBAHAN MATA PELAJARAN SMA BERDASARKAN STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA"