APA YANG DIMAKSUD DENGAN PANTUN ADAT?

Pantun adat


Pantun adat adalah pantun yang menggunakan gaya bahasa bernuansa kedaerahan dan kental akan unsur adat kebudayaan tanah air. Jenis pantun ini bertutur lebih kepada kearifan lokal dimana pantun adat tersebut beredar. Masing-masing daerah di Nusantara ini pasti memiliki pantun adat yang berbeda-beda. Contoh


lebat daun bung ditanjung
berbau harum bunga cempaka
adat dijaga pusaka dijunjung
baru di pelihara adat pusaka


Contoh diatas maknanya ialah kita harus menjaga adat istiadat yang telah dijunjung semenjak lama.

Pelajari juga: MEMPELAJARI PERSAMAAN DAN PERBEDAAN STRUKTUR PANTUN, GURINDAM DAN SYAIR

Dari penjelasan kurikulum Pelajarancg.blogspot.com, dapat disimpulkan bahwa pantun adat adalah pantun yang menggunakan gaya bahasa bernuansa kedaerahan dan kental akan unsur adat kebudayaan tanah air. Jenis pantun ini bertutur lebih kepada kearifan lokal dimana pantun adat tersebut beredar. Masing masing daerah di Nusantara ini pasti memiliki pantun adat yang berbeda-beda.

Pelajari juga : PENGERTIAN PANTUN : CIRI-CIRI, JENIS, UNSUR DAN CONTOH

Pantun adat sangat menarik untuk dipelajari dan diketahui karena penuh dengan makna yang bijak dan petuah pada para pembacanya. Banyak sekali pantun yang memiliki beberapa jenis yaitu pendidikan, nasehat, gombal, dan lain-lain. Selain itu, pantun adat juga digemari dari kalangan pelajar, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Beragam kegemaran semua orang yang menjadi hobi yang sangat mengasyikkan tentunya. hal ini dapat dilihat sebagaimana contoh dari penjelasan kurikulum Pelajarancg???

Post a Comment for "APA YANG DIMAKSUD DENGAN PANTUN ADAT?"