PERBEDAAN TOPIK DAN GAGASAN UTAMA

PERBEDAAN TOPIK DAN GAGASAN UTAMA
Gambar siswa membuat karangan. foto/IStockphoto


Penulis: Fery, pelajarancg.blogspot.com - Menurut Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs oleh Maya Lestari Gusfitri dan Elly Delfia, topik adalah ide atau pokok pembicaraan dalam teks atau karangan yang menggambarkan keseluruhan isi karangan. Gagasan utama juga disebut ide pokok.


pelajarancg.blogspot.com - Kalian mungkin sering mendengar kata topik dan gagasan utama. Namun, tahukah kalian perbedaan di antara keduanya? Pelajarilah perbedaannya dalam tabel berikut.



Topik Gagasan Utama
Pengertian Merupakan ide atau pokok pembicaraan dalam teks atau karangan yang menggambarkan keseluruhan isi karangan. Merupakan ide utama atau inti pembicaraan yang ada dalam sebuah paragraf.

Gagasan utama juga disebut ide pokok.
Sifat umum khusus



Contoh: Karangan berjudul Sepeda


Sepeda adalah kendaraan yang umum dipakai anak SMP Kurikulum Pelajarancg. Setiap hari puluhan pelajar mengayuh sepeda ke sekolah dan menaruhnya di tempat parkir khusus sepeda yang dibangun sekolah dua tahun lalu. Datang ke sekolah dengan sepeda seperti menjadi sebuah kebanggaan. Anak-anak yang dahulu diantar orang tua mereka dengan mobil atau sepeda motor, kini memilih ke sekolah dengan bersepeda.


Catatan penting pelajarancg.blogspot.com: Kalimat yang digarisbawahi mengandung gagasan utama. Sementara, Topik: sepeda.

Pelajari juga: MACAM-MACAM PARAGRAF, FUNGSINYA DAN JENIS TULISANNYA ADALAH

Sebuah teks laporan hasil observasi memiliki topik-topik tertentu. Kalian dapat menemukan topik itu dengan mudah melalui cara berikut
  1. Perhatikan judulnya: Terkadang judul juga menunjukkan topik yang ada dalam sebuah teks.
  2. Perhatikan hal yang dibahas dalam paragraf pertama dan terakhir: Terkadang penulis menunjukkan topik dalam paragraf pertama dan terakhir.
  3. Amati peristiwa yang paling sering dibahas: Saat menjelaskan idenya, penulis akan menyebutkan beberapa peristiwa yang memiliki makna sama.
  4. Ajukan pertanyaan: Apa yang paling banyak dibahas dalam tulisan tersebut?
  5. Amati kata-kata yang paling sering muncul: Saat menjelaskan idenya, penulis akan menggunakan kata-kata khusus yang ia gunakan berulang kali.
  6. Amati petunjuk gambar: Terkadang penulis menyertakan gambar untuk mendukung tulisannya. Gambar ini berkaitan erat dengan topik dalam tulisan.


Pelajari juga: JELASKAN PERBEDAAN KARANGAN FIKSI DAN NONFIKSI LENGKAP

Berbekal cara di atas, kalian dapat menemukan topik teks "sepeda".

Pelajari juga artikel terkait KALIMAT IMPERATIF atau tulisan menarik lainnya


Fery (pelajarancg.blogspot.com - SMP/MTs)


Penulis: Fery

Sumber: Gusfitri, Maya Lestari & Elly Delfia. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Post a Comment for "PERBEDAAN TOPIK DAN GAGASAN UTAMA"