YUK SIMAK 10 PENGERTIAN PROSA MENURUT PARA AHLI



Menyimak 10 pengertian prosa menurut para ahli – apa aja pengertian yang bisa kita simak berikut ini dari prosa fiksi dan prosa? Mari kita simak penjelasannya berikut ini!


Prosa Fiksi adalah kisahan atau ceritera yang diemban oleh pemeran tertentu dengan memperhatikan, latar, tahapan dan rangkaian sedangkan prosa adalah Prosa adalah karangan bebas (tidak terikat oleh kaidah yang terdapat dalam puisi).

Pelajari juga : YUK PELAJARI APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENGERTIAN PUISI & APA SAJA CIRI-CIRINYA

Menurut para ahli prosa yaitu
  1. Menurut H.B. Jassin (dalam Suroto, 1989) prosa merupakan pengucapan seorang penyair dengan pikiran yang berbeda dengan puisi yang merupakan pengucapan penyair dengan perasaan.
  2. Menurut Zainuddin (1991) merupakan pengungkapan peristiwa secar jelas dengan penguraikan seluruh pikiran dan juga seluruh perasaan serta tidak terikat syarat-syarat tertentu dalam sebuah karya sastra.
  3. Prosa Fiksi menurut Aminuddin (2002) merupakan kisahan atau ceritera yang diemban oleh pemeran tertentu dengan memperhatikan, latar, tahapan dan rangkaian.
  4. Menurut M.Saleh Saad Dan Anton M. Muliono (dalam Tjahyono, 1998) prosa didefinisikan sebagai suatu bentuk narasi berplot yang dihasilkan oleh daya imajinasi.
  5. Menurut Henry Guntur Taringan (1993) Prosa berarti karya sastra fiksi dalam bahasa Indonesia secara singkat dari buah hasil imajinasikan.
  6. Prosa menurut Teeuw (1984) merupakan suatu bentuk kisah fiksi yang mencoba membeberkan suatu kenyataan.
  7. Menurut Henry Guntur Taringan (1993) Prosa berarti karya sastra fiksi yang bersifat relitas, bukan bersifat aktualitas.
  8. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Prosa merupakan karangan bebas (tidak terikat oleh kaidah yang terdapat dalam puisi).
  9. Menurut Herman J. Waluyo yang mengartikan bahwa Karya prosa fiksi dibagi menjadi tiga ayitu roman, novel dan cerita pendek atau cerpen.



Dari pengertian-pengertian para ahli diatas, Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com dapat simpulkan bahwa fungsi prosa adalah menceritakan sebuah cerita secara lugas. Dimana prosa adalah tulisan yang menyerupai ucapan sehari-hari. Prosa adalah tulisan yang sering dianggap lebih lugas daripada puisi. Saat mengidentifikasi karya tulis sebagai prosa, karya tersebut harus ditulis dengan cara yang khas dan lugas.


Terdapat beberapa jenis prosa, antara lain: Prosa naratif, Prosa deskriptif, Prosa eksposisi dan Prosa argumentatif.


Terdapat 2 bentuk Prosa yaitu Prosa lama dan Prosa baru. Bentuk prosa lama, diantaranya: Hikayat, Sejarah, Kisah, Dongeng, dan Cerita berangkai. Sedangkan bentuk prosa baru diantaranya: Roman, Novel, Cerpen, Riwayat, Kritik, Resensi, dan Esai.


Setelah kita mengetahui apa itu prosa kita juga harus mengetahui apa itu jenis-jenisnya. Simak baik-baik penjelasan berikut ini!


Terdapat beberapa jenis prosa, antara lain: Prosa naratif, Prosa deskriptif, Prosa eksposisi dan Prosa argumentatif.


Prosa naratif merupakan prosa yang bersifat fiksi. Secara sederhana, prosa narasi kemudian dikenal sebagai cerita. Di dalam narasi, terdapat peristiwa dan kejadian di dalam satu urutan kurun waktu. Kejadian yang diceritakan di dalam narasi tersebut juga terdapat tokoh yang memiliki konflik.


Prosa deskriptif merupakan jenis yang menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seolah-olah melihat sendiri objek tersebut.

Pelajari juga : MENGENAL 10 MAJAS PENEGASAN BERIKUT APA SAJA CONTOH-CONTOHNYA

Prosa eksposisi merupakan prosa yang digunakan untuk memaparkan sesuatu atau ide sehingga pembaca mendapatkan pengetahuan, tetapi tidak bertujuan agar pembaca mengikuti atau menyetujui paparan tersebut. Biasanya dalam pemaparannya disertai bukti-bukti yang diwujudkan dalam bentuk diagram atau tabel.


Dan Prosa argumentatif merupakan karangan atau sebagai cerita yang isinya ide atau gagasan penulis yang penyajiannya dilengkapi dengan data-data pendukung untuk memengaruhi pembaca sehingga pembaca menyatakan persetujuannya.


Dan dari khasanah sastra modern, kita mengenal Ada beberapa jenis karya prosa fiksi, yaitu novel, novelet, dan cerita pendek (cerpen).

Pelajari juga : PELAJARAN BAHASA INDONESIA: CERITA PENDEK (CERPEN) UNTUK KELAS 6 MI/SD

Dapatkan informasi materi Bahasa Indonesia dari Kurikulum Pelajarancg Terbaru dengan ikuti akun Instagram: https://www.instagram.com/pelajarancg/


Penulis : Admin blog pelajarancg.

Post a Comment for "YUK SIMAK 10 PENGERTIAN PROSA MENURUT PARA AHLI"