MENGENAL 10 MAJAS PENEGASAN BERIKUT CONTOH-CONTOHNYA

MAJAS PENEGASAN


Taukah sobat Kurikulum Pelajarancg apa pengertian dari Majas Penegasan? Majas Penegasan adalah salah satu gaya bahasa yang menggunakan kata-kata kiasan yang menyatakan sebuah penegasan. Gaya bahasa ini bertujuan untuk memberikan pengaruh kepada pembaca atau pendengar agar menyetujui sebuah ujaran atau kejadian.


Nah sekarang sobat Kurikulum pelajarancg.blogspot.com telah mengetahui artinya, sekarang kita pelajari juga apa saja jenis-jenis dari Majas Penegasan? Agar sobat lebih mengenal jenis-jenisnya maka kita pelajari juga contoh-contoh jenis Majas Penegasan berikut ini


1. Majas Pleonasme Adalah gaya bahasa yang dipakai untuk memperjelas maksud dengan menggunakan kata berulang dan maknanya sudah dikandung oleh kata yang mendahului. Contoh: Burung itu sudah naik ke atas kemudian turun ke bawah lagi.


2. Majas Hiperbola Adalah gaya bahasa yang dipakai untuk melukiskan keadaan secara berlebihan Contoh: Anak itu berlari sangat cepat bagai kilat


3. Majas Litotes Dipakai untuk melukiskan hal sekecil-kecilnya utnuk merendahkan diri. Contoh: Terimalah pemberianku yang tidak berharga ini.


4. Majas Repetisi Adalah gaya bahasa mengulang kata-kata tertentu beberapa kali. Gaya ini sering digunakan dalam berpidato. Contoh: Jangan ragu-ragu Saudara, selama matahari masih beredar, selama bulan masih bersinar dan selama hayat masih dikandung badan saya akan memperjuangkan hak rakyat.


5. Majas Klimaks Adalah gaya bahasa yang menggunakan sesuatu secara berturut-turut makin lama makin memuncak. Contoh: Jangankan seratus ribu, lima ratus ribu atau satu juta, satu miliar pun kalau dijual akan aku beli.


6. Majas Antiklimaks Adalah gaya bahasa yang menyebut sesuatu secara berturut-turut makin lama makin menurun. Contoh: Apalagi setahun, sebulan atau semingu, sehari saja dia tidak akan meninggalkanmu.


7. Majas Asidenton Adalah gaya bahasa yang melukiskan beberapa hal secara terurai tanpa menggunakan kata penghubung. Contoh: Besar, kecil, tua, muda semuanya hadir dalam acara pembukaan sekaten.


8. Majas Polisindenton Adalah gaya bahasa yang menyebutkan beberapa hal dengan menggunakan kata penghubung. Contoh: Sebelum berangkat ke sekolah pagi itu, saya menyapu lantai dan mengepelnya kemudian saya mandi dan sarapan pagi.


9. Majas Koreksio Adalah gaya bahasa yang menyebutkan sesuatu yang salah, kemudian dibetulkan agar menarik. Contoh: Kemarin sore... eh maaf tadi malam wanita itu datang di pondoknya.


10. Majas Interupsi Adalah gaya bahasa yang menggunakan sisipan kata/frase di tengah-tengah kalimat untuk menegaskan maksud. Contoh: Pak Zaeni-lurah yang baru-orangnya sangat sederhana.

Pelajari juga 10 CARA BERPIDATO YANG BAIK

Sangat sederhana bukan pembahasan kali ini??? Semoga dengan bahasan mengenal 10 Majas Penegasan Contoh-contohnya berikut pengertiannya bisa jadikan sobat Kurikulum Pelajarancg semakin sangat-sangat mengetahui sebuah ujaran kejadian. (*)


***) Lebih jelas mengenai gaya bahasa atau disebut majas ini, simak penjelasan lengkap kurikulum Pelajarancg.blogspot.com setiap harinya ya, karena akan ada banyak infografis seputar edukasi dan tutorial yang akan menambah wawasan dan pengetahuan lainnya. Jika sobat ingin request materi seputar edukasi dapat sampaikan dikolom komentar lho. Materi seputar Edukasi di : https://pelajarancg.blogspot.com/ atau dapatkan produk resmi kami di : https://www.instagram.com/pelajarancg/

Post a Comment for "MENGENAL 10 MAJAS PENEGASAN BERIKUT CONTOH-CONTOHNYA"