PENGERTIAN PELARUT ORGANIK DALAM INDUSTRI

Larutan
Larutan Organik


Pelajarancg.blogspot.com — Pelarut adalah benda cair atau gas yang melarutkan benda padat, cair atau gas, yang menghasilkan sebuah larutan. Pelarut paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah air. Pelarut lain yang juga umum digunakan adalah bahan kimia anorganik biasanya disebut pelarut anorganik.


Konsentrasi larutan menyatakan secara kuantitatif komposisi zat terlarut dan pelarut di dalam larutan. Konsentrasi umumnya dinyatakan dalam perbandingan jumlah zat terlarut dengan jumlah total zat dalam larutan, atau dalam perbandingan jumlah zat terlarut dengan jumlah pelarut. Contoh beberapa satuan konsentrasi adalah molar, molal, dan bagian per juta (part per million, ppm). Sementara itu, secara kualitatif, komposisi larutan dapat dinyatakan sebagai encer (berkonsentrasi rendah) atau pekat (berkonsentrasi tinggi).


Molekul komponen-komponen larutan berinteraksi langsung dalam keadaan tercampur. Pada proses pelarutan, tarikan antarpartikel komponen murni terpecah dan tergantikan dengan tarikan antara pelarut dengan zat terlarut. Terutama jika pelarut dan zat terlarut sama-sama polar, akan terbentuk suatu sruktur zat pelarut mengelilingi zat terlarut. Hal ini memungkinkan interaksi antara zat terlarut dan pelarut tetap stabil.


Bila komponen zat terlarut ditambahkan terus-menerus ke dalam pelarut, maka tidak akan dapat larut lagi. Misalnya, jika zat terlarutnya berupa padatan dan pelarutnya berupa cairan, pada suatu titik padatan tersebut tidak dapat larut lagi dan terbentuklah endapan. Jumlah zat terlarut dalam larutan tersebut adalah maksimal, dan larutannya disebut sebagai larutan jenuh.


Titik tercapainya keadaan jenuh larutan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor lingkungan, seperti suhu, tekanan, dan kontaminasi. Secara umum, kelarutan suatu zat (yaitu jumlah suatu zat yang dapat terlarut dalam pelarut tertentu) sebanding terhadap suhu. Hal ini terutama berlaku pada zat padat, walaupun ada perkecualian.


Kelarutan zat cair dalam zat cair lainnya secara umum kurang peka terhadap suhu daripada kelarutan padatan atau gas dalam zat cair. Kelarutan gas dalam air umumnya berbanding terbalik terhadap suhu.


Dengan berkembangnya manusia yang semakin maju, manusia menciptakan berbagai usaha untuk meningkatkan perekonomian Negara. Salah satu usaha tersebut dengan berdirinya industri. Industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan/atau barang jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi untuk penggunaannya, termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri.(UU No.5 tahun 1984 tentang perindustrian)


Saat ini Industri skala kecil, menengah atau pun skala besar tengah berkembang pesat mewarnai perekonomian di Indonesia. Mulai dari indutri makanan minuman, kerjaninan, mebel, tekstil, mesin, kimia, plastic, transportasi dan lain-lain. Dalam produksinya industri banyak menggunakan bermacam-macam bahan. Salah satu nya adalah pelarut organik.


Pengertian dari Pelarut organik adalah pelarut yang umumnya mengandung atom karbon dalam molekulnya. Saat ini terdapat tiga puluh ribuan jenis pelarut organik yang digunakan di industri. Contoh pelarut organik adalah alkohol, eter, ester, etil asetat, keton, dan sebagainya. Pelarut organik banyak digunakan di industri sebagai pembersih, penghilang minyak, tinner, ekstraksi atau bahan kimia intermedia dalam produksi suatu bahan kimia tertentu.


Arti

Pelarut adalah suatu substansi (biasanya cair pada suhu ruangan) yang melarutkan substansi lain sehingga menjadi suatu larutan yang homogen. Pelarut paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah air. Pelarut lain yang juga umum digunakan adalah bahan kimia organik (mengandung karbon) yang juga disebut pelarut organik.


Pemakaian di Industri terbanyak sebagai :
  • pembersih , penghilang minyak, tinner dan ekstraksi
  • bahan kimia intermedia dalam produksi suatu bahan kimia tertentu


—————

Untuk dikatahui sobat pelajarancg.blogspot.com bahwa saat ini ada 30 ribuan jenis pelarut digunakan di industri. Nah untuk pembahasan selanjutnya kurikulum pelajarancg akan bahas apa saja jenis-jenis yang dimaksud pada postingan kali ini. Jadi silahkan terus kunjungi blog Kurikulum pelajarancg.blogspot.com , ya Sob!

Post a Comment for "PENGERTIAN PELARUT ORGANIK DALAM INDUSTRI"