PELAJARAN BAHASA INDONESIA: CONTOH LATAR BELAKANG ISRA MIRAJ UNTUK PROPOSAL KEGIATAN SAMBUTAN PERINGATAN KEAGAMAAN HARI BESAR UMAT ISLAM

KURIKULUM PELAJARANCG: Apabila kamu berniat untuk mengadakan kegiatan acara menyambut peringatan hari Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab tentu yang dibutuhkan adalah membuat proposal. Proposal adalah pedoman kerja atau acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan salah satu contohnya; peringatan Isra Mi'raj, Isro Miroj, Isra Mikraj atau umum dikatakan Isra' dan Mi'raj di peringatan keagamaan hari besar Umat Islam (PHBI) tahun ini. Dalam pengertian bahwa proposal kegiatan adalah menggambarkan landasan dasar membelakangi atau titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada pembaca atau pendengar mengenai apa yang ingin kita sampaikan supaya apa yang dicita-citakan, atau diharapkan terjadi. Begitu juga dengan kegiatan sambutan perayaan atau perayaan hari suci Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab. Nah bagi panitia, pelajar, mahasiswa, remaja masjid hingga masyarakat yang berniat untuk mengadakan kegiatan acara sambutan peringatan Isra Mi'raj di sekolah tingkat dasar (SD) maupun menengah (SMP, SMA), kantor maupun lingkungan sekitar tentu membutuhkan teks tulisan latar belakang Isra Miraj untuk proposal kegiatan tersebut terutama mengenai hikmah dibalik peristiwa bersejarah.


Khususnya bagi siswa sekolah, dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, tidak jarang kita juga mendapat soal mengarang teks berupa kata dalam tulisan tentang makna dan hikmah dari peristiwa penting dalam isra mi'raj. Tentu saja makna, hikmah dan rumusan masalah ini dapat ditulis sebagai salah satu dari latar belakang proposal yang akan diajukan, namun apabila kamu masih belum mendapat ide atau gagasan dalam membuat latar belakang tersebut, pelajarancg memiliki 5 contoh sebagai referensi buat memudahkan kamu dalam merangkai kata-kata bijaksana di proposal yang akan kamu buat.


Dikutip dari berbagai sumber, inilah 5 contoh latar belakang Isra Miraj untuk proposal kegiatan dalam sambutan peringatan keagamaan hari suci besar umat Islam di acara sekolah kamu.




LATAR BELAKANG ISRA MIRAJ 1

Isra’ Miraj adalah bagian kedua dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Kejadian Isra’ miraj merupakan salah satu peristiwa penting bagi seluruh umat islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW dan seluruh umatnya mendapatkan perintah menunaikan sholat lima waktu dalam satu hari.


Ayat Al-Qur'an tentang Isra’ Miraj:
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Isra: 17)


Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW bagi kaum muslim merupakan wujud cinta kasih kepada junjungan kita Rasulullah SAW yang telah menunjukkan jalan yang menuju keridho-an Allah SWT yakni berupa agama Islam yang dituntun dengan ajaran yang bersumber pada hukum Islam yakni Al-Qur’an dan Al-Hadist.


Karena begitu banyak manfaat yang dapat kita ambil dari peristiwa Isra’ Miraj kami Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Atas (SMA) Kurikulum Pelajarancg akan mengadakan kegiatan untuk memperingati Isra’ Miraj. Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW ini merupakan salah satu pengapresiasian dari kita selaku ummat Islam untuk menjunjung tinggi Nabi Muhammad sebagai suri tauladan di muka bumi ini. Hal ini baik sekali terutama sebagai pembelajaran kepada generasi penerus kita berikutnya khususnya pelajar.

LATAR BELAKANG ISRA MIRAJ 2

Assalamu’ alaikum wr. wb.

Alhamdulillah Hirobbil Alamin Wabihi Nastain Waala Ali Umuridunya Wadin Wasolatu Wasalamu Ala Asrofil Ambiya’i Wamursalin Wa Alaalihi Wasohbihi Ajmain Amma Ba’du. Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan seluruh alam yang telah memberikan rahmat dan taufiqnya kepada kita semua. Dan tak lupa pula, Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW, dan para sahabat, serta seluruh pengikutnya yang selalu istiqamah hingga akhir jaman.


Bulan Rajab adalah bulan yang mempunyai banyak keutamaan dan keistimewaan. Diantara keistimewaan itu adalah karena pada bulan ini terdapat peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.


Isra Mi’raj merupakan bagian dari perjalanan nabi Muhammad SAW dan merupakan suatu peristiwa yang sangat penting bagi umat Islam. Lebih jelasnya pada tanggal 27 rajab, Rasulullah SAW dipanggil menghadap ke hadirat Allah SWT. Beliau diberangkatkan dari Masjidil Haram di Makkah menuju Baitul Maqdis di Palestina. Kemudia dari Baitul Maqdis beliau dinaikkan sampai ke Sidratul Muntaha hingga ke Mustawa, dan di Sidratul Muntaha inilah beliau secara langsung menerima perintah Allah SWT untuk melaksanakan sholat lima waktu sehari semalam.


Sholat sendiri merupakan ibadah wajib yang dilaksanakan oleh umat Islam sebagai bentuk Taqwa (ketaatan) manusia terhadap penciptanya, dan betapa pentingnya kewajiban shalat tersebut, sebab jika dilihat dari cara penyampaiannya, kewajiban-kewajiban selain sholat cukup disampaikan oleh malaikat Jibril sedangkan perintah shalat langsung di terima oleh nabi Muhammad SAW dari Allah SWT.


Begitu pentingya sholat tersebut sehingga Allah SWT menyampaikannya secara langsung kepada nabi Muhammad SAW. Dengan melaksanakan shalat sejatinya dapat menjauhkan seseorang dari perbuatan keji dan mungkar. Sebagai mana yang dijelaskan didalam Al-Qur'an Surat Al-'Ankabut ayat 45 :
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.


Dengan melaksanakan shalat berarti kita senantiasa mengingat Allah SWT. Dengan mengigat Allah SWT berarti kita senantiasa mengingat segala perintahnya dan menjauhi segala laranganya.


Dalam menjalani kehidupan sehari-hari di dunia ini tentulah banyak berbagai macam tantangan dan godaan yang datang silih berganti kepada kita maka dari itu kita harus senantiasa mengingat Allah agar setiap langkah dan keputusan yang kita ambil di dunia ini tetap berkoridor kepada segala perintahnya dan terhindar larangannya Allah SWT.


Pada kesempatan ini kami segenap pengurus Pemuda Masjid Al-Miraj di sekolah Kurikulum pelajarancg.blogspot.com ingin mengadakan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang Insya Allah akan dilaksanakan pada hari sabtu malam minggu tanggal 22 Maret 2020 bertempat di Masjid Al-Miraj di sekolah Kurikulum pelajarancg.


Melalui peringatan hari bersejarah Islam yang rutin setiap tahun dilaksanakan juga diharapkan dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan tali silaturahmi antar siswa sekolah Kurikulum pelajarancg.blogspot.com Dengan adanya kegiatan ini semoga dapat mengingatkan kita agar senantiasa mendirikan shalat. Karena seungguhnya shalat dapat mencegah kita dari perbuatan keji dan mungkar. Amin ya rob’bal Alamin.

Wassalamualaikum wr. wb.


LATAR BELAKANG ISRA MIRAJ 3

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW bagi kaum muslim merupakan wujud cinta kasih kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan jalan yang menuju keridhoan Allah SWT yakni berupa agama islam yang dituntun dengan ajaran yang bersumber pada hukum islam yakni Al-Qur’an dan Al-Hadist.


Dengan memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW diharapkan kita dapat mentauladani akhlaq yang mulia dari Nabi Muhammad SAW dan mengajarkan serta mengamalkan ajaran yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sehingga akhirnya tercipta sebuah generasi yang selalu mengikuti ajaran Nabi Muhammad saw dan senantiasa berusaha untuk menjadi pribadi muslim yang sesuai dengan harapan beliau. Dan akhirnya semoga kita semua dijadikan sebagai umat yang mendapat syafa’at dari beliau kelak di hari yang tidak akan ada syafa’at kecuali dari beliau.


Ukhuwah islamiyah harus terus menerus dibangun dan dipelihara dimuka bumi ini sebagai penjabaran dari aplikasi aktif seluruh ummat muslim dalam menjaga kemaslahatan di dunia dan akhirat. Melalui peringatan hari besar Islam yang rutin setiap tahun dilaksanakan di sekolah pelajarancg.blogspot.com diharapkan dapat meningkatkan ukkhuwah Islamiyah dan tali silaturahmi serta perilaku yang sesuai dengan syariat islam diawali dari lingkungan terkecil yaitu lingkungan keluarga, masyarakat dan yang lebih luas lagi.


Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1441 H merupakan salah satu pengapresiasian dari kita selaku Ummat Islam untuk menjunjung tinggi Nabi kita semua sebagai suri tauladan di muka bumi ini. Hal ini baik sekali terutama sebagai pembelajaran kepada generasi penerus kita berikutnya. Sebagai bentuk apresiasi yang bermanfaat dan patut dilestarikan kepada anak-anak kita serta masyarakat terutama yang ada dilingkungan sekolah kurikulum pelajarancg.


LATAR BELAKANG ISRA MIRAJ 4

Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang penuh dengan rahmat dan hidayah (kebajikan). Didalamnya terdapat terdapat suatu peristiwa yang sangat agung, yaitu Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Baitul maqdis hingga ke Sidratul Muntaha. Firman Allah SWT :
سُبۡحَـٰنَٱلَّذِىٓأَسۡرَىٰبِعَبۡدِهِۦلَيۡلاً۬مِّنَٱلۡمَسۡجِدِٱلۡحَرَامِإِلَىٱلۡمَسۡجِدِٱلۡأَقۡصَاٱلَّذِىبَـٰرَكۡنَاحَوۡلَهُ ۥلِنُرِيَهُ ۥمِنۡءَايَـٰتِنَآ‌ۚإِنَّهُ ۥهُوَٱلسَّمِيعُٱلۡبَصِيرُ


Yang artinya: "Maha Suci Allah yang memperjalanakan hamba-Nya (Muhammad SAW) pada malam hari dari Mesjidil Haram ke mesjid yang amat jauh (Baitul Maqdis), yang telah kami berkati sekelilingnya, supaya Kami perlihatkan kepadanya sebagaian ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan) Kami. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, lagi Maha Melihat". (Q.S. Al Isra ayat 1)


Peristiwa Isra M’raj ini terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke 11 sesudah beliau diangkat menjadi Rasul. Peristiwa Isra dan Mi’raj ini, disamping memberikan kekuatan batin kepada Nabi Muhammad SAW dalam perjuangan menegakan agama Allah, juga menjadi ujian bagi kaum muslim di dalam mengimani kekuasan Allah SWT. Dimana Allah dengan kekuasaan-Nya dapat memperjalankan hambanya (Nabi Muhammad SAW) dengan perjalan yang sangat jauh dan dapat menembus tujuh lapis langit dalam waktu yang sangat singkat. Selain itu, dalam peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW menerima perintah langsung dari Allah SWT tentang shalat 5 waktu, yang menjadi bagian dari rukun Islam. Firman Allah SWT :
ٱتۡلُمَآأُوحِىَإِلَيۡكَمِنَٱلۡكِتَـٰبِوَأَقِمِٱلصَّلَوٰةَ‌ۖإِنَّٱلصَّلَوٰةَتَنۡهَىٰعَنِٱلۡفَحۡشَآءِوَٱلۡمُنكَرِ‌ۗوَلَذِكۡرُٱللَّهِأَڪۡبَرُ‌ۗوَٱللَّهُيَعۡلَمُمَاتَصۡنَعُونَ


Yang artinya: “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al-Qur’an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan munkar.Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar keutamaanya dari ibadah lainnya. Dan Allah Maha Mengetahui apa-apa yang kamu kerjakan". (Q.S. Al-Ankanbut ayat 45)


Untuk itulah dalam mengisi bulan rajab tersebut maka perlu adanya suatu kegiatan, khususnya di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohanian dan Universitas Kurikulum Pelajarancg pada umumnya yang dapat mengantarkan mahasiswa agar memperoleh hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj dan tujuan pelaksaan shalat fardhu 5 waktu. Kegiatan ini antara lain berupa pembacaan sholawat Ad-dhiba’i dan Ceramah Umum Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa diharapkan mengenal kembali sejarah hidup Nabi Muhammad SAW dan mereka dapat melaksanakan shalat dengan benar sehingga tujuan daripada ibadah shalat yaitu menjadi orang yang bertaqwa dapat tercapai.

https://pelajarancg.blogspot.com/


LATAR BELAKANG ISRA MIRAJ 5

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita yakni Nabi Allah Muhammad SAW, kelurga, sahabat serta pengikutnya.


Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang penuh dengan rahmat dan hidayah (kebajikan). Di dalamnya terdapat suatu peristiwa yang sangat agung, yaitu isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Baitul maqdis hingga ke Sidratul Muntaha. Allah SWT berfirman dalam surat Al Isra ayat 1 yang artinya : “Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya ( Muhammad SAW ) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjid yang amat jauh ( Baitul Maqdis ), yang telah kami berkati sekelilingnya, supaya kami perlihatkan kepadanya sebagian ayat-ayat ( tanda-tanda kekuasaan) Kami. Sesungguhnya Allah maha mendengar, lagi maha melihat”.


Peristiwa isra’ mi’raj ini terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke 11 sesudah beliau diangkat menjadi rasul. Peristiwa Isra Mi’raj ini, di samping memberikan kekuatan batin kepada Nabi Muhammad SAW dalam menegakkan agama Allah, juga menjadi ujian bagi kaum muslimin di dalam mengimani kekuasaan Allah SWT. Di mana Allah dengan kekuasaan-Nya dapat memperjalankan hambanya ( Nabi Muhammad SAW ) dengan perjalanan yang sangat jauh dan dapat menembuh tujuh lapis langit dalam waktu yang sangat singkat. Maha besar Allah dengan segala firman-Nya.


Selain itu, dalam peristiwa hari Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW menerima langsung perintah sholat lima waktu, yang menjadi bagian dari rukun Islam.


Melalui peringatan hari Isra’ Mi’raj ini marilah kita bersama-sama menjalin kembali tali silaturahmi sesama umat muslim. Ukhuwah Islamiyah harus terus di bangun sebagai penjabaran dari aplikasi aktif umat muslim dalam menjaga kemaslahatan di dunia dan akhirat serta keimanan sekaligus ketakwaan kepada Allah SWT. Semoga Allah selalu memberi taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua. Aammiiinn!


Jadi itulah pelajarancg bahasa Indonesia untuk 5 kumpulan contoh latarbelakang dengan tema Isra Miraj untuk kegiatan acara menyambut hari peringatan keagamaan umat Islam terutama buat panitia, pelajar, dan mahasiswa di Indonesia, semoga bermanfaat!!