HARI WANITA SEDUNIA DIRAYAKAN PADA 8 MARET

Kurikulum Pelajarancg: Hari Wanita Sedunia dalam bahasa Inggris: International Women's Day diperingati pada 8 Maret, hari perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.


Hari Wanita atau Hari perempuan adalah istilah umum untuk hari-hari sejarah yang diperingati oleh kaum wanita sepanjang tahun. Beberapa hari ini memiliki makna perjuangan, sementara yang lain merayakan pencapaian perempuan dan meningkatkan visibilitas, sambil menyerukan ketidaksetaraan, sebagai tujuannya. Biasanya, ini adalah hari di mana semua kaum wanita akan menegaskan kembali perjuangan hak wanita.



SEJARAH HARI WANITA SEDUNIA

Menurut situs resmi International Women's Day (IWD), pada 1909 Hari Wanita Nasional pertama diperingati di Amerika Serikat pada 28 Februari. Partai Sosialis Amerika memperingati hari ini untuk menghormati pemogokan pekerja garmen 1908 di New York, di mana perempuan memprotes kondisi kerja.


Di seluruh dunia, perempuan atau wanita hari ini merayakan peringatan dari latar belakang dimana PBB mulai merayakan Hari wanita Sedunia dalam Tahun Perempuan Internasional, 1975. Secara lengkap pada 1977, Majelis Umum PBB mengundang negara-negara anggota untuk menyatakan 8 Maret sebagai Hari PBB untuk hak-hak perempuan dan perdamaian dunia.



https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar kartu ucapan hari wanita tema sejarah hari perempuan sedunia di 2020



Tema untuk Hari Wanita Sedunia (8 Maret) 2020 adalah, Saya Generasi Kesetaraan: Mewujudkan Hak-Hak Perempuan. Tema ini selaras dengan kampanye multigenerasi baru Wanita PBB, Generasi Kesetaraan, yang menandai peringatan 25 tahun Deklarasi Beijing dan Platform Aksi.


Kisah perjuangan perempuan untuk kesetaraan bukan milik seorang feminis pun atau organisasi mana pun, melainkan pada upaya kolektif semua orang yang peduli tentang hak asasi manusia. Maka jadikan Hari Perempuan Internasional sebagai hari Anda dan lakukan apa yang Anda bisa untuk benar-benar membuat perbedaan positif bagi wanita.


Dan jangan lupa untuk mengirim ucapan selamat kepada teman-teman wanita, pacar, istri, guru, pekerja, mahasiswa secara Nasional dan sedunia yang kamu temukan di media sosial seperti contoh Facebook, ataupun dengan caption Instagram. Rayakan pencapaian perempuan dan meningkatkan visibilitas, sambil menyerukan ketidaksetaraan, sebagai tujuan dalam membangun karakter siswa pelajar!


HAK-HAK WANITA DALAM UNDANG-UNDANG HAK ASASI MANUSIA (HAM)

Dalam UU HAM No.39 Tahun 1999, mengenai Hak Wanita terdapat pada pasal 45 sampai dengan pasal 51, yaitu :


Pasal 46 : Sistem pemilihan umum, kepartaian, pemilihan anggota badan legislatif, dan sistem pengangkatan di bidang eksekutif, yudikatif, harus menjamin keterwakilan wanita sesuai persyaratan yang ditentukan.


Pasal 47 : Seorang wanita yang menikah dengan seseorang pria berkewarganegaraan asing tidak secara otomatis mengikuti status kewarganegaraan suaminya tetapi mempunyai hak untuk mempertahankan, mengganti, atau memperoleh kembali status kewarganegaraannya.


Pasal 48 : Wanita berhak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran di semua jenis, jenjang dan jalur pendidikan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.


Pasal 49 : (1) Wanita berhak untuk memilih, dipilih, diangkat dalam pekerjaan, jabatan, dan profesi sesuai dengan persyaratan dan peraturan perundang-undangan.

(2) Wanita berhak untuk mendapatkan perlindungan khusus dalam pelaksanaan pekerjaan atau profesinya terhadap hal-hal yang dapat mengancam keselamatan dan atau kesehatannya berkenaan dengan fungsi reproduksi wanita.

(3) Hak khusus yang melekat pada diri wanita dikarenakan fungsi reproduksinya, dijamin dan dilindungi oleh hukum.


Pasal 50 : Wanita yang telah dewasa dan atau telah menikah berhak untuk melakukan perbuatan hukum sendiri, kecuali ditentukan lain oleh hukum agamanya.


Pasal 51 : (1) Seorang istri selama dalam ikatan perkawinan mempunyai hak dan tanggung jawab yang sama dengan suaminya atas semua hal yang berkenaan dengan kehidupan perkawinannya, hubungan dengan anak-anaknya, dan hak pemilikan serta pengelolaan harta bersama.

(2) Setelah putusnya perkawinan, seorang wanita mempunyai hak dan tanggung jawab yang sama dengan mantan suaminya atas semua hal yang berkenaan dengan anak-anaknya, dengan memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak.

(3) Setelah putusnya perkawinan, seorang wanita mempunyai hak dan tanggung jawab yang sama dengan mantan suaminya atas semua hal yang berkenaan dengan harta bersama tanpa mengurangi hak anak, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


KESIMPULAN

Hari Wanita Sedunia (8 Maret) adalah hari Internasional untuk merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya dan politik perempuan. Ketika hari ini menyebar ke seluruh dunia, Hari Perempuan Sedunai menjadi sangat terhubung dengan gerakan hak pilih perempuan dan untuk mengakhiri diskriminasi pekerjaan. Pada masa Perang Dunia I, ini diperingati sebagai hari untuk menunjukkan solidaritas sebagai protes terhadap perang lintas negara.


Happy International Women's Day! Selamat Peringatan Hari Wanita Sedunia dari teman siswa di pelajarancg.blogspot.com semoga Semoga Anda sehari penuh. Dengan kebaikan dan kehangatan, semoga Anda bahagia, Hari ini dan selamanya. Tidak peduli dari sudut mana pelajarancg memandang Anda, Anda tampak seperti malaikat dan Hari Perempuan adalah yang sempurna untuk mengatakan: pelajarancg sangat beruntung memiliki Anda dalam hidup saya.!!! bagaimana disekolahmu:

Post a Comment for "HARI WANITA SEDUNIA DIRAYAKAN PADA 8 MARET"