PELAJARAN BAHASA INDONESIA : CONTOH PROPOSAL PERINGATAN HARI ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW

pelajarancg.blogspot.com - Menyambut bulan Rajaban Peringatan Hari Isra Miraj Nabi Muhammad SAW Tahun 2020 27 Rajab 1441 Hijriah dengan Kurikulum Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah tentu ada materi untuk mengarang tulisan maupun membuat sebuah proposal Peringatan dengan tema Hari Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu penting memaknai ini terutama apabila kamu sebagai pengurus OSIS membutuhkan referensi untuk contoh proposal kegiatan acara peringatan Hari Isra Miraj Nabi Muhammad SAW atau dikenal sebagai Isro Mikraj, Isra dan Mi'raj, Isro Miroj Rasulullah SAW maupun al-Isra Wal Mi'raj Nabi yang jatuh pada tanggal 27 Rajab di sekolah tingkat Dasar (SD) hingga menengah (SMP, SMA), berikut pelajarancg ulas.



CONTOH PROPOSAL RAJABAN KEGIATAN PERINGATAN HARI ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW UNTUK SEKOLAH


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Hari Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW (Isra' dan Mi'raj Rasulullah) tepatnya 27 Rajab 1441 Hijriah adalah momentum bersejarah bagi Umat Islam termasuk bangsa Indonesia yang mayoritas berpenduduk Muslim, dimana pada hari ini terdapat suatu peristiwa yang sangat agung, yaitu Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Baitulmakdis hingga ke Sidratul Muntaha.


Firman Allah swt dalam Al-Quran surat Al Isra ayat 1 mengatakan yang artinya:
Maha Suci Allah, yang Telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang Telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya dia adalah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui.

Peristiwa yang sangat agung, yaitu Isra Mi’raj Nabi ini terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke 11 sesudah beliau diangkat menjadi Rasul. Peristiwa Isra dan Mi’raj ini, disamping memberikan kekuatan batin kepada Nabi Muhammad SAW dalam perjuangan menegakan agama Allah, juga menjadi ujian bagi kaum muslim di dalam mengimani kekuasan Allah SWT. Dimana Allah dengan kekuasaan-Nya dapat memperjalankan hambanya (Nabi Muhammad SAW) dengan perjalan yang sangat jauh dan dapat menembus tujuh lapis langit dalam waktu yang sangat singkat.


Selain itu, dalam Peristiwa Isra dan Mi’raj ini Nabi Muhammad SAW menerima perintah langsung  dari Allah SWT tentang shalat 5 waktu, yang menjadi bagian dari rukun Islam.


Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW bagi kaum muslim merupakan wujud cinta kasih kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan jalan yang menuju keridhoan Allah SWT yakni berupa agama islam yang dituntun dengan ajaran yang bersumber pada hukum islam yakni Al-Qur’an dan Al-Hadist.


Dengan memperingati Isra’ Mi’raj  Nabi Muhammad SAW diharapkan kita dapat mentauladani akhlaq yang mulia dari Nabi Muhammad SAW dan mengajarkan serta mengamalkan ajaran yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.


Sehingga akhirnya tercipta sebuah generasi yang selalu mengikuti ajaran Nabi Muhammad saw dan senantiasa berusaha untuk menjadi pribadi muslim yang sesuai dengan harapan beliau. Dan akhirnya semoga kita semua dijadikan sebagai umat yang mendapat syafa’at dari beliau kelak di hari yang tidak akan ada syafa’at kecuali dari beliau.


Ukhuwah islamiyah harus terus menerus dibangun dan dipelihara dimuka bumi ini sebagai penjabaran dari aplikasi aktif seluruh ummat muslim dalam menjaga kemaslahatan di dunia dan akherat. Melalui peringatan hari besar Islam (PHBI) yang rutin setiap tahun dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan ukkhuwah Islamiyah dan tali silaturahmi serta perilaku yang sesuai dengan syariat Islam diawali dari lingkungan terkecil yaitu lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan yang lebih luas lagi.


Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW (Isra' dan Mi'raj Rasulullah) tepatnya jatuh tanggal 27 Rajab 1441 Hijriah merupakan salah satu pengapresiasian dari kita selaku Umat Islam untuk menjunjung tinggi Nabi kita semua sebagai suri tauladan di muka bumi ini. Hal ini baik sekali terutama sebagai pembelajaran kepada generasi penerus kita berikutnya. Sebagai bentuk apresiasi yang bermanfaat dan patut dilestarikan kepada anak-anak kita serta pelajar terutama yang ada dilingkungan sekolah kurikulum pelajarancg.blogspot.com.


Untuk itulah dalam mengisi bulan Rajab 1441 Hijriah tersebut maka perlu adanya suatu kegiatan, khususnya di lingkungan siswa-siswi SMA kurikulum pelajarancg yang dapat mengantarkan mereka kepada tercapainya hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj dan tujuan pelaksaan shalat fardhu 5 waktu. Kegiatan ini antara lain berupa Ceramah Umum Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa mengenal kembali sejarah hidup Nabi Muhammad SAW dan mereka dapat melaksanakan shalat dengan benar sehingga tujuan daripada ibadah shalat yaitu menjadi orang yang bertaqwa dapat tercapai.


Khususnya bagi generasi muda dalam hal ini pelajar, di usia remaja ini sekolah pastinya tetap dan terus berupaya dalam meningkatkan kreativitas anak didiknya agar dimasa yang akan datang dapat berkompetisi dengan baik. Kegiatan seperti Isra Mi'raj nabi ini bukanlah sekedar wahana untuk bersenang-senang melainkan dengan adanya kegiatan seperti ini murid di tuntut untuk ikut serta dan berpatisipasi dalam kegiatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan semoga para siswa/i dapat lebih mencintai Allah SWT dan Nabi besar Muhammad SAW.


Maka dari itu, kami selaku panitia akan mengadakan Peringatan Isra dan Mikraj nabi (Hari Ira Miraj Nabi Muhammad SAW) di Lingkungan Sekolah SMA Kurikulum Pelajaran. Kegiatan yang akan kami laksanakan ini tidak terlepas dari momen peringatan hari Isra Miraj Rasulullah SAW yang dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2020 atau 27 Rajab 1441 Hijriah. Selain itu, seluruh warga SMA Kurikulum Pelajaran menyadari bahwa perlunya memupuk kebersamaan dan kerja sama yang baik antara anggota serta saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Oleh karena itu, kegiatan ini direncanakan. Kegiatan dalam rangka memperingati hari Hari Isra Miraj Nabi Muhammad SAW ini, kami bermaksud menyelenggarakan rangkaian acara rajaban.


https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar kartu kata bijak tema ucapan selamat memperingati hari isra miraj nabi Muhammad SAW tahun 2020/ 1442 H



B. Tujuan Kegiatan

Tujuan dari kegiatan ini dapat dibagi menjadi dua:

1. Tujuan umum :
Tujuan umum diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk memperingati Isra Mraj Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal  27 Rajab setiap tahunnya.

2. Tujuan khusus :
  • Agar siswa SMA Kurikulum Pelajaran dapat lebih memahami makna dari peringatan hari Isra dan Miraj Nabi SAW.
  • Meningkatkan kesadaran dengan mengikuti suri tauladan sosok nabi Muhammad sebagai sosok sejarah, melaksanakan kewajiban (rukun Islam) dan mengamalkan kitab suci AL-Qur’an.
  • Agar seluruh siswa/i dapat belajar bagaimana bekerja sama dan saling menghormati satu sama lain baik terhadap teman kerabat, orang tua, guru, karyawan sekolah, serta orang sekitar
  • Mengakrabkan tali persaudaraan di lingkungan sekolah.
  • Kegiatan ini juga agar para siswa lebih mendekatkan diri kepada yang maha esa serta lebih mencintai para nabi dan rasulnya termasuk Nabi Muhammad SAW.
  • Meningkatkan kekompakan antar-siswa melalui kegiatan Isra Miraj.



C. Tema Kegiatan

Jadikan Hikmah Isra Miraj Nabi Muhammad SAW Tahun 1441 H/202 M sebagai suri teladan dan tingkatkan akhlakul karimah bagi Pelajar, guru dan pengurus sekolah yang berjiwa semangat dalam berjuang, mendidik, untuk prestasi anak negeri


D. Peserta Kegiatan
1. Perwakilan kelas X
2. Perwakilan kelas XI


E. Pelaksanaan Kegiatan
Hari/Tanggal  :    Minggu, 22 Maret 2020
Waktu             :    07.00 s.d 12.00 WIB
Tempat            :    SMA Kurikulum Pelajaran



BAB II
SUSUNAN PANITIA


Penanggung Jawab                    : Kepala Sekolah
Koordinator Kesiswaan             : Waka Urusan Kesiswaan
Penanggung Jawab Kegiatan     : Sie Apresiasi Seni   
Penanggung Jawab MPK           : Nasywa Salsabila
Penanggung Jawab OSIS         :  Saifullah
Ketua Penyelenggara               : Beni Bendot
Wakil Ketua                             : Lexi
Sekretaris                                 : Juminten
Bendahara                                : Endah
Sie Acara                                  :  Zulkifli
Sie Publikasi & Dokumentasi   :  Ipin Upin
Sie Konsumsi                            :  Jarwo
Sie Kebersihan & Perlengkapan :  Semua Anggota OSIS & MPK
Sie Kesenian & Kegiatan            : Mashud





BAB III
SUSUNAN ACARA


NO
Waktu Pelaksanaan
Acara
Koordinator
1. 07.00 – 07.15 WIB Pembukaan Sie Acara / MC
2. 07.15 – 07.25 WIB Sambutan Kepala Sekolah / Yang diwakilkan MC
3. 07.25 – 07.35 WIB Sambutan Ketua Panitia MC
4. 07.35 – 08.00 WIB Pembacaan Tilawatil Qur’an (MTQ) MC
5. 08.00 – 08.30 WIB Marhabanan MC
6. 08.00 – 11.00 WIB Pegelaran Seni Tari, Lomba membaca Al-Quran, Khosidahan dan Drama Dengan Semangat Rajaban Jadikan Hikmah Isra Miraj Nabi Muhammad SAW Tahun 1441 H/2020 M sebagai suri teladan dan tingkatkan akhlakul karimah MC
7. 11.00 – 11.30 WIB Pengumuman Kejuaraan Lomba MC
8. 11.30 – 12.00 WIB Penutup MC



BAB IV
ANGGARAN DANA


No.
Spesifikasi
Harga per satuan
Jumlah
Total
1. Pembuatan Proposal Rp 15.000,00 1 Rp 15.000,00
2. Konsumsi Juri Rp8.000,00 3 Rp 24.000,00
3. Konsumsi Panitia Rp6.000,00 35 Rp210.000,00
4. Co-Card Rp2.000,00 35 Rp 70.000,00
5. Hadiah Spesial Rp50.000,00 2 Rp100.000,00
6. Hadiah MTQ Rp100.000,00 1 Rp100.000,00
7. Transportasi Juri Rp25.000,00 3 Rp 75.000,00
8. Transportasi Keamanan Rp25.000,00 2 Rp 50.000,00

TOTAL Rp644.000,00





BAB V
LEMBAR PENGESAHAN



Ketua Panitia                                                                          Sekretaris


Beni Bendot                                                                              Juminten
NIS. .........                                                                                NIS. ........



                                                               Ketua OSIS


                                                            Saifullah
                                                            NIS. ......


Kepala SMA Kurikulum Pelajaran                                                   Sie Apresiasi Seni
                     

Drs. Jokowi, M.Pd                                                            Mashud, S.Pd
NIP. ...................                                                                     NIP. ......................


Baca:


BAB VI
PENUTUP

Demikianlah proposal ini kami ajukan sebagai bahan pemikiran yang diharapkan akan berguna bagi semua pihak yang terlibat. Dengan ini, kami mengharapkan dukungan, baik secara segi moril maupun materiil, sehingga kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan rencana.


Jumat, 5 Maret 2020



Jadi itulah pelajarancg.blogspot.com bahasa Indonesia untuk contoh proposal peringatan hari Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab yang jatuh pada 22 Maret di 2020, semoga bermanfaat untuk semua!!