NILAI-NILAI PANCASILA DALAM RENSTRA KEMENDIKBUD 2020-2024

Nilai-nilai Pancasila dalam Rencana Strategis (Renstra) Kemdikbud 2020-2024. Rencana Kerja (Renja) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan periode 5 tahun kedepan, pelajarancg.blogspot.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam mendukung Visi dan Misi Presiden Republik Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global adalah dengan mulai menjabarkan pendefinisian dari ciri-ciri profil tersebut yang kemudian di kampanyekan dalam Renja setelah penyusunan Renstra Kemdikbud 2020-2024 selesai dibuat.

Pelajari: Apa Yang Dimaksud dengan 6 Profil Pelajar Pancasila Berikut Elemennya.


Pembuatan Renstra tersebut termasuk menentukan elemen-elemen profil pancasila. berikut adalah penjelasannya:

https://pelajarancg.blogspot.com/


Ciri Utama Elemen-elemen Kunci
(1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia (a) akhlak beragama; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara.
(2) Berkebinekaan global mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan
(3) Bergotong royong kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.
(4) Mandiri kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.
(5) Bernalar kritis memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil keputusan.
(6) Kreatif menghasilkan gagasan yangorisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.



*) Renstra Kemdikbud 2020-2024, p. 33

Pelajari: PERATURAN MENDIKBUD NOMOR 22 TAHUN 2020 TENTANG RENCANA STRATEGIS KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2020-2024

Berikut adalah penjelasan dan penjabaran nilai-nilai pancasila dalam Rencana Strategis (Renstra) Kemendikbud tahun 2020-2024, yang dirangkum pelajarancg.blogspot.com:


Penyelarasan Penjabaran Nilai-nilai Pancasila


Landasan Dasar Penjabaran Kebijakan Rencana Kerja (Renja)
PERPRES RI NO. 87 TAHUN 2017 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
  • RELIGIUS
  • NASIONALIS
  • GOTONG ROYONG
  • MANDIRI
  • INTEGRITAS
Peta Jalan Penguatan Nilai-nilai Pancasila di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
RENSTRA KEMDIKBUD 2020-2024 Profil Pelajar Pancasila : (1) kebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.
DOKUMEN KURIKULUM 2013: KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARANCG DI SEKOLAH DASAR UNTUK TEMATIK TERPADU Porsi utama bertumpu pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan hasil kebijakan Merdeka Belajar Program Penguatan Nilai-nilai Pancasila di Satuan Pendidikan Dasar



Baca: PELAJARAN PPKN: MATERI SOAL SUBSTANSI HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA NEGARA DALAM PERSPEKTIF PANCASILA.

Contoh Kompetensi Dasar-Kompetensi Mapel PPKn SD Kelas 2 Tentang Hubungan Antara Simbol dan Sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

1. Kompetensi Dasar Sikap Spiritual: "Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa."


2. Kompetensi Dasar Sikap Sosial: "Bersikap bekerjasama, disiplin, dan peduli sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara "Garuda Pancasila dalam Kehidupan sehari-hari."

Pelajari:



3. Kompetensi Dasar Pengetahuan: "Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara "garuda Pancasila."


4. Kompetensi Dasar Keterampilan: "Menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila."

Demikianlah Rencana Kerja (Renja) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan periode 5 tahun kedepan, yang dirangkum pelajarancg.blogspot.com untuk Nilai-nilai Pancasila dalam Rencana Strategis (Renstra) Kemdikbud Tahun 2020 sampai Tahun 2024 akan datang, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "NILAI-NILAI PANCASILA DALAM RENSTRA KEMENDIKBUD 2020-2024"