SOAL TEMATIK KELAS 9 TEMA 13 SUBTEMA 2 DAN JAWABAN

https://pelajarancg.blogspot.com/
Soal Tematik Kelas 9 Madrasah/Sekolah Menegah (SMP/MTs) Tema 13 Modul Lingkungan Bersih, Masyarakat Sehat, Kurikulum 2013. * /



Pelajarancg.blogspot.com: Berikut latihan Soal Tematik Kelas 9 SMP/MTs Tema 13 Modul Lingkungan Bersih, Masyarakat Sehat dan Jawabannya Pada K-13.


Modul Lingkungan Bersih, Masyarakat Sehat Tema 13 guru Sekolah/Madrasah mengajarkan materi tentang Pidato Persuasif.


Materi pada tema 13 dengan Subtema 2 membahas: Struktur Teks Pidato Persuasif, Ciri Kebahasaan Pidato Persuasif, Cara Menulis Teks Pidato Persuasif, dan Menyunting Teks Persuasif.


Pengertian Teks Pidato Persuasif adalah pidato yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu. Pidato persuasif bertujuan ingin mengajak/membujuk pendengar agar terpengaruh terhadap isi pidato yang disampaikan. Contohnya adalah pidato tentang budaya bersih dan pidato keagamaan. Adapun Prinsip-prinsip Pidato Persuasif adalah untuk membujuk demi konsistensi, perubahan-perubahan kecil, keuntungan, pemenuhan kebutuhan, dan berdasarkan pendekatan-pendekatan gradual.


Struktur teks pidato persuasif terdiri atas 3 bagian, yaitu pembukaan, isi pidato, dan yang terakhir penutup. Ketiga struktur tersebut merupakan komponen penting yang harus ada dalam sebuah teks pidato terutama pidato persuasif. Jika salah satu struktur tidak ada, maka teks pidato tersebut tidak akan menjadi teks pidato yang sempurna.


Ciri Kaidah kebahasaan teks persuasif dapat juga disebut sebagai karakteristik atau ciri bahasa dari teks persuasif yaitu:
  1. bersifat mengajak dan memengaruhi.
  2. dicirikan dengan adanya kata-kata persuasi atau bujukan seperti ayo, mari,
  3. dan imbuhan -lah.
  4. diakhiri dengan tanda baca seru (!).
  5. memuat sejumlah pendapat dan fakta.
  6. banyak menggunakan kata ganti kita, sebagai tanda bahwa tidak ada pembeda antara penulis dengan pembaca. Sehingga daya bujuk terhadap pembaca akan lebih kuat.
  7. menggunakan kalimat yang bersifat membangun.



Pada dasarnya, penyusunan karangan persuasi tidak jauh berbeda dengan karangan argumentasi. Nursisto (1999:76) mengemukakan bahwa menulis karangan persuasi sama persis dengan argumentasi, bedanya hanya pada penutup yaitu berupa imbauan dan ajakan. Lebih lanjut lagi, menurutnya agar sebuah hasil karangan argumentasi menjadi baik, runtut, dan tidak menyimpang dari tujuan penyusunan karangan, perlu ditempuh langkah-langkah yaitu: Menentukan tema/topik, Menentukan tujuan, Mengumpulkan bahan, Menyusun kerangka, dan Mengembangkan kerangka.


Tentu setelah sahabat #PelajaranCg memahami tentang teks pidato persuasif diharap juga membaca teks pidato persuasif lainnya diberbagai media seperti koran, majalah dan buku pelajaran lainnya. Bila belum paham maka pelajari kembali materi Materi pada tema 13 dengan Subtema 2 membahas: Struktur Teks Pidato Persuasif, Ciri Kebahasaan Pidato Persuasif, Cara Menulis Teks Pidato Persuasif, dan Menyunting Teks Persuasif tersebut.


Umumnya sebagai memenuhi Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 Tema 13 Subtema 2, Guru akan memberi latihan soal tentang materi diatas. Berikut Contoh latihan soal pada Pembahasan Pelajarancg:


CONTOH SOAL TEMATIK KELAS 9 SMP/MTs TEMA 13 SUBTEMA 2

1. Berikut yang tidak termasuk persiapan yang perlu dilakukan agar pidato berjalan lancar adalah ....
a. menghargai perbedaan pendapat
b. membuat kerangka pidato
c. menyampaikan dengan menarik
d. memilih masalah yang tepat


2. Langkah awal yang perlu ditentukan dalam menyusun naskah pidato adalah ....
a. tujuan pidato
b. tema pidato
c. kerangka pidato
d. sambutan


3. Kerangka pidato paling tepat terdiri atas ....
a. salam, pembuka, materi, dan salam penutup
b. pembukaan, isi, dan harapan
c. pembukaan, isi, dan penutup
d. pendahuluan, materi, dan simpulan


4. Pada penutup pidato terdapat ....
a. salam pembuka
b. ucapan penghormatan
c. ucapan syukur
d. permintaan maaf


5. Dalam kesempatan ini, perkenankan kami menyampaikan sebuah uraian tentang indahnya kebersamaan. Kami berharap uraian ini akan memberikan manfaat kepada hadirin yang ada di sini.


Uraian teks di atas merupakan kutipan teks pidato bagian ....
a. pembukaan
b. isi
c. penutup
d. simpulan

Cuplikan teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 6 sampai 9!

Kekayaan yang tak ternilai harganya adalah pemanfaatan waktu. Orang berhasil jadi cendikiawan karena mahir mengisi dan memanfaatkan waktu. Sebaliknya, mereka akan gagal, bahkan menjadi bodoh karena lengah dalam memanfaatkan waktu. Waktu akan selalu memberi arti bagi mereka yang mau mengoptimalkan untuk hal-hal yang sangat mulya dalam hidup dan kehidupannya.


6. Uraian teks di atas merupakan kutipan teks pidato bagian ....
a. pembukaan
b. isi
c. penutup
d. simpulan


7. Hal penting dalam cuplikan tersebut adalah ....
a. hal waktu
b. pemanfaatan waktu
c. Mengoptimalkan waktu
d. makna waktu


8. Pernyataan persuasif dalam cuplikan tersebut dinyatakan dengan kata ....
a. tak ternilai
b. berhasil
c. sebaiknya
d. dalam hidup


9. Kata yang salah penulisannya terdapat pada kata ....
a. kekayaan
b. cendikiawan
c. waktu
d. mulya


10. Gerakan Pramuka lahir dari kancah perjuangan revolusi bangsa Indonesia dalam suatu bentuk organisasi kepanduan tunggal. Alhmdulillah sampai saat ini masih tetap utuh dan bahkan menjadi organisasi pendidikan yang cukup besar dan berpotensi terutama dalam mewujudkan terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa menuju masyarakat yang adil dan makmur.


Uraian teks di atas merupakan kutipan teks pidato bagian ....
a. pembukaan
b. isi
c. penutup
d. simpulan


Jawaban

Jawaban soal nomor 1 yang tepat adalah a. menghargai perbedaan pendapat.


Pembahasan Pelajarancg: Pidato merupakan kegiatan berbicara di depan umum yang dilakukan untuk menyatakan pendapat, atau memberikan gambaran mengenai suatu hal. Persiapan pidato dapat dilakukan dengan mengikuti delapan tahap seperti dibawah ini.
  1. Mempersiapkan mental dan menyesuaikan kondisi saat kita berpidato nanti.
  2. Menentukan tujuan pidato. Merumuskan dengan jelas tujuan khususnya, yaitu tanggapan apa yang diharapkan setelah pidato itu selesai.
  3. Memilih dan menyampaikan pokok utama dalam berpidato. Pembicara harus menyempitkan pokok persoalan untuk disesuikan dengan kesanggupannya atau kemampuannya, minatnya dan waktu yang disediakan untuk berpidato.
  4. Menganalisis pendengar dan suasana dalam melakukan pidato. Pembicara harus berusaha mengetahui siapa yang akan menjadi pendengar atau penyimaknya.
  5. Jumlah pendengar, golongan pendengar, suasana dalam pidato nanti, waktu berpidato, kondisi tempat pidato, dan lain sebagainya. Semua itu harus diperhitungkan agar pidato kita bisa berhasil.
  6. Mengumpulkan bahan yang akan menjadi kata kunci dalam berpidato. Kita dapat mengumpulkan bahan yang sesuai dengan pokok masalah yang akan disampaikan melalui banyak cara, diantaranya adalah membaca buku, majalah, koran dan sumber-sumber pengetahuan lain yang sesuai dengan pokok masalah yang akan di sampaikan dalam pidato. Cara lainnya yaitu bertanya kepada orang yang sudah bepengalaman dibidang berpidato dan mengingat kembali pengamalaman pribadi yang relevan.
  7. Membuat kerangka yang unik persiapan pidato. Berdasarkan bahan bahan yang berhasil dikumpulkan itu lalu disusun pokok-pokok yang akan dibicarakan menurut urutan yang baik.
  8. Menguraikan secara mendetail isi pidato. Setelah kerangka selesai disusun, maka pembicara bebas memilih, yaitu berbicara bebas dengan sekali-kali melihat kerangka (metode ekstemporan), atau menggarap pidato secara lengkap kata demi kata, kemudian dibacakan atau dihafalkan (metode naskah atau metode menghafal). Jadi, cara menguraikan kerangka pidato itu tergantung pada metode apa yang dipilih.
  9. Melatih dengan suara tegar dalam artian untuk menghilangkan gugup dalam berpidato. Setelah semua persiapan selesai, pebicara sudah bisa mulai latihan berpidato dengan suara keras seperti yang akan dilakukan dalam pidato yang sesungguhnya.



Berdasarkan penjelasan Kurikulum Pelajarancg tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyampaikan pidato, di antaranya:
  • Memahami kondisi hadirin yang mendengarkan
  • Menguasai topik yang dibicarakan
  • Membuat kerangka pidato
  • Berlatih pidato sebelum tampil di depan hadirin



Jadi, dari pertanyaan diatas, yang tidak termasuk persiapan yang perlu dilakukan agar pidato berjalan lancar adalah menghargai perbedaan pendapat.




Jawaban soal nomor 2 yang tepat adalah b. tema pidato.


Pembahasan Pelajarancg: Pada dasarnya, penyusunan karangan persuasi tidak jauh berbeda dengan karangan argumentasi. Nursisto (1999:76) mengemukakan bahwa menulis karangan persuasi sama persis dengan argumentasi, bedanya hanya pada penutup yaitu berupa imbauan dan ajakan. Lebih lanjut lagi, menurutnya agar sebuah hasil karangan argumentasi menjadi baik, runtut, dan tidak menyimpang dari tujuan penyusunan karangan, perlu ditempuh langkah-langkah yaitu: Menentukan tema/topik, Menentukan tujuan, Mengumpulkan bahan, Menyusun kerangka, dan Mengembangkan kerangka.


Jadi, dari pertanyaan diatas, Langkah awal yang perlu ditentukan dalam menyusun naskah pidato adalah menentukan tema.




Jawaban soal nomor 3 yang tepat adalah c. pembukaan, isi, dan penutup.


Pembahasan Pelajarancg: Struktur teks pidato persuasif terdiri atas 3 bagian, yaitu pembukaan, isi pidato, dan yang terakhir penutup. Ketiga struktur tersebut merupakan komponen penting yang harus
ada dalam sebuah teks pidato terutama pidato persuasif. Jika salah satu struktur tidak ada,
maka teks pidato tersebut tidak akan menjadi teks pidato yang sempurna.


Jadi, dari pertanyaan diatas, Kerangka pidato paling tepat adalah pembukaan, isi, dan penutup.




Jawaban soal nomor 4 yang tepat adalah d. permintaan maaf.


Pembahasan Pelajarancg: Penutup pidato adalah akhir dari sebuah pidato. Pidato yang baik biasanya berisi hal-hal berikut
  • kesimpulan secara ringkas dari materi yang dijelaskan.
  • permintaan maaf kepada pendengar jika ada salah dalam berkata dan juga menyinggung pembaca, dan
  • salam penutup.



Jadi, dari pertanyaan diatas, Pada penutup pidato terdapat adalah permintaan maaf.




Jawaban soal nomor 5 yang tepat adalah a. pembukaan.


Pembahasan Pelajarancg: Pembukaan Nasakah teks pidato Persuasif berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, dan juga ucapan syukur. Pada tahap ini pengenalan topik atau permasalahan yang akan dibahas. Pada bagian ini berfungsi sebagai pengantar sebelum pada tahap penjelasan/isi pidato. Selain itu juga berisi deskripsi singkat tentang topik permasalahan.


Jadi, dari pertanyaan diatas, Uraian teks merupakan kutipan teks pidato bagian adalah pembukaan.




Jawaban soal nomor 6 yang tepat adalah b. isi.


Pembahasan Pelajarancg: Isi Nasakah teks pidato Persuasif berisi penjelasan berbagai teori, pendapat, maupun fakta-fakta yang ada di lingkungan sekitar untuk mengupas tentang permasalahan yang dibahas.


Jadi, dari pertanyaan diatas, Uraian teks merupakan kutipan teks pidato bagian adalah isi.




Jawaban soal nomor 7 yang tepat adalah b. pemanfaatan waktu.


Pembahasan Pelajarancg: Teks tersebut dinamakan dengan teks pidato persuasif, yaitu teks yang disampaikan kepada khalayak, isinya berupa pesan, arahan, atau bujukan. Pernyataan-pernyataan di dalam teks tersebut mendorong seseorang untuk mengikuti harapan atau keinginan-keinginan pembicaranya. Di samping itu, di dalam sebuah teks pidato persuatif dijumpai gagasan, pikiran, atau pandangan.


Penyimpulan teks pidato persuasif berarti memaknai kembali suatu isi pidato. Dengan demikian, kita perlu memahami hubungan antarpernyataan penting yang ada di dalam pidato tersebut. Misalnya, dari cuplikan pidato itu, kita mencatat bagian-bagian pentingnya saja. Hal penting itu meliputi siapa yang menyampaikan pidato, pokok-pokok pidato yang disampaikan, dan bagaimana pidato tersebut disampaikan kepada khalayak. Kita dapat pula memberikan komentar dari cara penyampaian pidato tersebut.


Hal penting sesuai dengan cuplikan pidato itu adalah pemanfaatan waktu. Hal ini dapat diketahui melalui pembahasan keseluruhan teks yang berkaitan dengan pemanfaatan waktu. Dalam pembahasan teks disebutkan bahwa kekayaan yang tak ternilai harganya ialah pemanfaatan waktu. Lalu, penulis menjelaskan contoh pemanfaatan waktu bagi tiap individu. Terakhir, penulis menegaskan gagasan bahwa pemanfaatan waktu akan memberikan arti tersendiri bagi berbagai pihak.


Jadi, dari pertanyaan diatas, Hal penting dalam cuplikan tersebut adalah pemanfaatan waktu.




Jawaban soal nomor 8 yang tepat adalah c. sebaiknya.


Pembahasan Pelajarancg: ...........


Jadi, dari pertanyaan diatas, Pernyataan persuasif dalam cuplikan tersebut dinyatakan dengan kata adalah sebaiknya.




Jawaban soal nomor 9 yang tepat adalah d. mulya.


Pembahasan Pelajarancg: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata yang benar adalah mulia, dengan huruf i. Kata mulya tidak termasuk kata baku. Kata yang benar dan baku adalah mulia.


Jadi, dari pertanyaan diatas, Kata yang salah penulisannya terdapat pada kata adalah mulya.




Jawaban soal nomor 10 yang tepat adalah d. Simpulan.


Pembahasan Pelajarancg: Uraian teks Simpulan adalah rumusan akhir dari sebuah teks yang disusun berdasarkan pemahaman pembaca terhadap keseluruhan isi teks.


Jadi, dari pertanyaan diatas, Uraian teks di atas merupakan kutipan teks pidato bagian adalah Simpulan.


Demikianlah artikel Mata Pelajaran Bahasa Indonesia terkait Soal Tematik Kelas 9 SMP/MTs Tema 13 Modul Lingkungan Bersih, Masyarakat Sehat Sub Tema 2 pada Kurikulum 2013 dan Jawaban Pertanyaannya.



Tentang Kurikulum Pelajarancg

Kurikulum Pelajarancg merupakan situs pendidikan Merdeka yang berisi artikel-artikel penting bagi insan pendidik dalam melaksanakan proses belajar mengajar dalam penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Dalam setiap tulisan pada materi yang disajikan harapan penulis Kurikulum pelajarancg.blogspot.com adalah semoga artikel-artikel ini dapat membantu guru, dosen, pelajar, dan mahasiswa dalam mempersiapkan rencana pelaksanaan Pembelajaran di sekolah maupun madrasah, khususnya ketika menyambut kalender Pendidikan Tahun Pelajaran baru, ulangan harian maupun semesteran.

Post a Comment for "SOAL TEMATIK KELAS 9 TEMA 13 SUBTEMA 2 DAN JAWABAN"