LENGKAP! KUNCI JAWABAN PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU DAN BUDI PEKERTI KELAS 12 HALAMAN 48 SOAL LATIHAN BAB II MAKNA TAHUN BARU KONGZI LI

TAHUN BARU IMLEK KONGZI LI
Ucapan Tahun Baru Imlek 2023 2574 Kongzi Li.


Berikut ini adalah kunci jawaban Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas 12 halaman 48 Soal Latihan bab II Makna Tahun Baru Kongzi Li berikut ini agar nilai kalian maksimal.

Bagi siswa-siswi Kelas 12 SMA Tunadaksa dan Tunanetra, silakan simak karena artikel berikut ini akan membahas kunci jawaban Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas 12 halaman 48 Soal Latihan bab II Makna Tahun Baru Kongzi Li.


Artikel kunci jawaban Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas 12 halaman 48 Soal Latihan bab II Makna Tahun Baru Kongzi Li ini dibuat sebagai referensi siswa-siswi Kelas 12 SMA Tunadaksa dan Tunanetra saat belajar Agama.


Kunci jawaban Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas 12 halaman 48 Soal Latihan bab II Makna Tahun Baru Kongzi Li ini dibuat berdasarkan soal-soal yang ada di dalam Buku Paket Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas 12 Cetakan Ke-1, 2017 Edisi terbaru.


Buku yang di dalamnya terdapat soal-soal tentang pengertian Perayaan Tahun Baru Kongzili/Yinli ini ditulis oleh Mulyadi,S.Pd.Ing.,M.Ag.


Pelajari Juga: Kunci Jawaban Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas 12 halaman 58 Soal Latihan bab II Makna Tahun Baru Kongzi Li


Soal Buku Paket Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas 12 SMALB Tunadaksa dan Tunanetra Halaman 48 Soal Latihan bab II Makna Tahun Baru Kongzi Li


Soal Latihan bab II Makna Tahun Baru Kongzi Li


1. Apa perbedaan dari Sistem Penanggalan Solar, Lunar dan Luni Solar!

Jawab: Perbedaan dari ketiga:


Sistem solar/matahari atau Yangli adalah sistem penanggalan yang dihitung berdasarkan peredaran bumi mengelilingi matahari (bumi berevolusi). Satu kali putaran bumi mengelilingi matahari memerlukan waktu 365,25 hari. Waktu 365,25 hari itulah yang selanjutnya kita kenal dengan waktu satu tahun.


Sistem Lunar/Bulan atau Yinli adalah sistem penanggalan yang dihitung berdasarkan peredaran bulan mengelilingi bumi. Satu kali putaran bulan mengelilingi bumi memerlukan waktu 29,5 hari. Sehingga waktu dalam satu bulannya berada diantara 29 dan 30 hari. Bila rata-rata waktu dalam satu bulannya adalah 29,5 hari, maka waktu satu tahunnya adalah 354 hari (29,5 x 12).


Sistem Lunisolar atau Bulan Matahari adalah sistem penanggalan yang merupakan perpaduan atau gabungan antara sistem Lunar/Bulan dan sistem Solar/Matahari. Adapun selisih yang ada pada sistem Lunar/Bulan (11,25 hari dalam setahun) ada penyesuaian tambahan satu bulan pada tahun tertentu (runyue).


Sistem ini dipakai pada kalender Khonghucu yang secara umum lebih dikenal dengan kalender Imlek/Yinli. Sesungguhnya sebutan kalender Yinli untuk kalender Khonghucu itu kurang tepat, karena sistem yang dipakai adalah perpaduan antara sistem Lunar dan sistem Solar. Sebutan yang lebih tepat sebenarnya adalah kalender Yinyang Li.


2. Mengapa Kalender Imlek / Yinli disebut juga sebagai Kalender Kongzili?


Karena Pada zaman dinasti Han, masa pemerintahan raja Han Wudi, tahun kelahiran Nabi Kongzi yakni tahun 551 SM telah ditetapkan sebagai tahun pertama sistem kalender ini, maka kemudian orang menyebutnya sebagai kalender Kongzi Li. Di Indonesia masyarakat pada umumnya menyebut angka tahun dari kalender ini pada saat mengucapkan selamat Tahun Baru, misalnya ”Selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzi Li”.


Itulah uraian secara lengkap mengenai 2 Jawaban dari Kunci Jawaban Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas 12 halaman 48 Soal Latihan bab II Makna Tahun Baru Kongzi Li sabagaimana dilansir kurikulum pelajarancg.blogspot.com dari buku guru yang ditulis oleh Mulyadi,S.Pd.Ing.,M.Ag.


Editor: Admin blog Kurikulum Pelajarancg.

Sumber: Buku Guru, Kemdikbud

Post a Comment for "LENGKAP! KUNCI JAWABAN PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU DAN BUDI PEKERTI KELAS 12 HALAMAN 48 SOAL LATIHAN BAB II MAKNA TAHUN BARU KONGZI LI"