TUJUAN MANAJEMEN KURIKULUM

Manajemen
Manajemen


Berikut pembahasan mengenai Tujuan Manajemen Kurikulum. Silahkan disimak!


Untuk mengakomodasi perbedaan pandangan para ahli, Hamid Hasan (1988) mengemukakan bahwa tujuan dasar kurikulum dapat ditinjau dalam empat dimensi, yaitu:


1) Kurikulum sebagai suatu ide,adalah kurikulum yang dihasilkan melalui teori-teori dan penelitian, khususnya dalam bidang kurikulum dan pendidikan.


2) Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis, adalah sebagai perwujudan dari kurikulum sebagai suatu ide yang diwujudkan dalam bentuk dokumen, yang di dalamnya memuat tentang tujuan, bahan, kegiatan, alat-alat, dan waktu.


3) Kurikulum sebagai suatu kegiatan, merupakan pelaksanaan dari kurikulum sebagai suatu rencana tertulis, dan dilakukan dalam bentuk praktek pembelajaran.


4) Kurikulum sebagai suatu hasil, merupakan konsekwensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan, dalam bentuk ketercapaian tujuan kurikulum yakni tercapainya perubahan perilaku atau kemampuan tertentu dari para peserta didik.


Berdasarkan pembahasan di atas bisa disimpulkan bahwa kurikulum merupakan dokumen perencanaan yang mencakup:
  1. Tujuan yang harus diraih
  2. Isi dan pengalaman belajar yang harus diperoleh siswa
  3. Strategi dan cara yang dapat dikembangkan
  4. Evaluasi yang dirancang untuk mengumpulkan informasi mengenai pencapaian tujuan
  5. Penerapan dari isi dokumen yang dirancang dalam bentuk nyata.



Dengan demikian, pengembangan kurikulum meliputi penyusunan dokumen, implementasi dokumen serta evaluasi dokumen yang telah disusun. (Wina Sanjaya, 2008).


Dalam perspektif kebijakan pendidikan nasional sebagaimana dapat dilihat dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 dinyatakan bahwa: “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”.


Jadi, berdasarkan pembahasan di atas, manajemen kurikulum dan pembelajaran bertujuan untuk:
  1. Pencapaian pengajaran dengan menitik beratkan pada peningkatan kualitas interaksi belajar mengajar.
  2. Mengembangkan sumber daya manusia dengaan mengacu pada pendayagunaan seoptimal mungkin.
  3. Pencapaian visi dan misi pendidikan nasional.
  4. Meningkatkan kualitas belajar mengajar disuatu pendidikan tertentu.

Pelajari lebih lanjut


Itulah materi mengenai Tujuan Manajemen Kurikulum, yang dapat dishare sebagai acuan untuk belajar.

Post a Comment for "TUJUAN MANAJEMEN KURIKULUM"