PENGERTIAN TOKOH SERTA PENOKOHAN

Apa itu penokohan dan sebutkan contohnya? mungkin anda pernah mendengar soal tersebut. pelajari penjelasan pelajarancg.blogspot.com:


Penokohan merupakan unsur intinsik dalam sebuah karya sastra baik itu novel, drama, film, dll disamping tema, sudut pandang, amanat, alur, dan latar/belakang. Penokohan adalah cara pengarang ketika menggambarkan karakter tokoh-tokoh terdapat pada cerita. Sedangkan tokoh adalah orang/pelaku yang berperan di sana.


Biasanya seorang ahli pembuat cerita akan memikirkan bagaimana langkah-langkah menemukan tema dan penokohan, dengan begitu memudahkannya menentukan amanat, alur juga dialog dalam cerita. Dari langkah tersebut maka bisa dipikirkan mengenai macam-macam penokohan yang dibuatnya.


https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar: Contoh photo salah satu tokoh dalam iron man


Pelajari: 7 UNSUR-UNSUR INSTRINSIK DALAM CERITA

Terdapat 2 (dua) macam tokoh dalam suatu cerita, yaitu:


1. Tokoh Utama.

Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peranan penting dalam suatu cerita. Tokoh ini merupakan paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.


2. Tokoh Pembantu.

Tokoh pembantu adalah tokoh yang memiliki peranan yang kurang penting dalam cerita dan kehadiran tokoh ini hanya sekedar menunjang tokoh utama.


Berdasarkan perannya dalam sebuah cerita, tokoh dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu:


1. Tokoh Protagonis.

Tokoh protagonis adalah tokoh yang mendukung cerita pada umumnya berwatak baik dan menjadi idola para pembaca.


2. Tokoh Antagonis.

Tokoh antagonis adalah tokoh yang menjadi penyebab timbulnya konflik dan ketegangan, ini dialami oleh tokoh protagonis. Dengan arti lain, tokoh antagonis adalah tokoh yang menjadi penentang cerita. Tokoh antagonis berwatak jahat dan kurang disukai oleh pembaca.


3. Tokoh Tritagonis.

Tokoh tritagonis adalah tokoh pembantu/ penengah dalam cerita baik untuk tokoh protagonis maupun antagonis.


Contoh penokohan bisa kamu temukan ketika menonton film drama dari berbagai judul, itu akan sangat mudah diketahui apabila kita sudah mengetahui apa itu pengertian penokohan dan contohnya diatas artikel pelajarancg.blogspot.com.

Post a Comment for "PENGERTIAN TOKOH SERTA PENOKOHAN"