SELAMAT HARI ANAK PEREMPUAN SEDUNIA (INTERNASIONAL)

Hari Anak Perempuan Sedunia atau Hari Anak Perempuan Internasional (Inggris: International Day of the Girl Child) dirayakan setiap tanggal 11 Oktober, setiap tahunnya. Hari Internasional untuk Anak-anak dan Perempuan pelajarancg.blogspot.com Perayaan Hari Anak Perempuan Internasional, selaku organisasi PBB dengan Program melindungi hak-hak anak di Indonesia dan dunia, melalui Unicef pada tahun 2020 ini mengusung tema: "My voice, our equal future," (Kesetaraan).

https://pelajarancg.blogspot.com/


Tema ini memiliki tujuan menata ulang dunia yang lebih baik yang diilhami dan dipimpin oleh anak gadis remaja, sebagai bagian dari gerakan Kesetaraan Generasi global, sebagaimana dikatakan dalam PBB untuk Perempuan (unwomen.org)


Sebagaimana diketahui bahwa Hari Perempuan Internasional merayakan pentingnya, kekuatan, dan potensi perempuan dan anak di seluruh dunia. Ini juga merupakan hari untuk menyoroti kebutuhan anak perempuan dan masalah khusus yang dapat mereka hadapi, dan mendorong upaya yang memenuhi kebutuhan ini dan memenuhi hak-hak mereka, bukan dengan kebajikan untuk mereka, tetapi dalam kemitraan dengan mereka.


Sebagaimana dikatakan oleh Organisasi kesehatan Dunia, WHO "Meskipun banyak kemajuan telah dicapai dalam dua dekade terakhir untuk memastikan setiap anak wanita remaja dapat tumbuh dan berkembang dalam kesehatan yang baik, masih banyak yang harus dilakukan. Misalnya, 12 juta anak perempuan menikah sebelum usia 18 tahun setiap tahun. Satu dari lima anak perempuan di dunia pernah mengalami kekerasan seksual. Di Afrika Timur dan Selatan, hampir 80% infeksi HIV baru di kalangan remaja terjadi pada anak perempuan.


Baik anak perempuan maupun anak laki-laki memiliki hak yang setara dalam pendidikan, kesehatan, dll. Gender yang setara tentu harus disuarakan salah satunya dengan pesan dan gerakan Kesetaraan Generasi global skala Internasional, sebagaimana dikatakan dalam Undang-undang tentang perlindungan Anak.


Anak (Perempuan dan Laki) adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Agar kelak mampu bertanggung jawab dalam keberlangsungan bangsa dan negara, setiap anak perlu mendapat perlindungan dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, mental, maupun sosial. Untuk itu, perlu dilakukan upaya perlindungan untuk mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya tanpa adanya perlakuan diskriminatif. Dalam hal menjamin seorang anak agar kehidupannya bisa berjalan dengan normal, maka negara telah memberikan payung hukum yakni Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.


Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang kini diubah dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 karena perlunya pemberatan sanksi pidana dan denda bagi pelaku kejahatan terhadap anak terutama kepada kejahatan seksual yang bertujuan untuk memberikan efek jera, serta mendorong adanya langkah konkrit untuk memulihkan kembali fisik, psikis dan sosial anak.


Sejalan dengan langkah tersebut, melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPA) secara nasional telah bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita kesetaraan gender, namun itu masih banyak pekerjaan rumah yang mesti dilakukan supaya terciptanya sejarah baru dengan diperlukannya partisipasi lembaga masyarakat, orangtua, guru sekolah, untuk terus menginspirasi anak-anak perempuan juga remaja putri untuk tidak ragu menyuarakan aspirasi mereka, karena aspirasi itu perlu didengar demi terwujudnya keseteraan gender untuk masa akan datang. Sebagaimana tema Internasional untuk Hari Anak Perempuan, yakni "My voice, our equal future." pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat merayakan Hari Anak Perempuan Sedunia atau Hari Anak Perempuan Internasional (Inggris: International Day of the Girl Child) 2020!

Post a Comment for "SELAMAT HARI ANAK PEREMPUAN SEDUNIA (INTERNASIONAL)"