Kompetensi Inti & Rumusan Kompetensi Dasar PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 5

Kompetensi Inti (KI) Dan Rumusan Kompetensi Dasar (KD) Kelas 5 Pada Kurikulum 2013


https://pelajarancg.blogspot.com/

Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SD dan/atau MI







KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, san Atun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.




KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
1.1 Terbiasa membaca al-Qur'an dengan tartil. 2.1 Menunjukkan sikap saling mengingatkan dan berpegang teguh sebagai implementasi pemahaman Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Fiil.
1.2 Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Mematikan, Mahahidup, Maha Berdiri Sendiri dan Maha Esa. 2.2 Menunjukkan sikap berani, peduli, mandiri, dan teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman makna al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyum, dan al-Ahad.
1.3 Meyakini keberadaan Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi. (Pelajari: PERBEDAAN NABI DAN RASUL, PELAJARI PENJELASANNYA) 2.3 Menunjukkan sikap sabar dan jujur sebagai implementasi pemahaman mengenal nama-nama Rasul Allah Swt. dan Rasul Ulul ‘Azmi.
1.4 Meyakini adanya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman. (Pelajari: PENJELASAN SINGKAT RUKUN IMAN DAN RUKUN ISLAM) 2.4 Menunjukkan sikap percaya diri sebagai implementasi pemahaman makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya.
1.5 Meyakini bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari iman. 2.5 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari.
1.6 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai cerminan dari iman. 2.6 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
1.7 Meyakini bahwa sikap saling menghargai sesama manusia sebagai cerminan dari iman. 2.7 Menunjukkan sikap saling menghargai sesama manusia.
1.8 Meyakini bahwa sikap sederhana sebagai cerminan dari iman. 2.8 Menunjukkan sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
1.9 Meyakini bahwa ikhlas beramal sebagai cerminan dari iman. 2.9 Menunjukkan sikap ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari.
1.10 Menjalankan kewajiban puasa Ramadan sebagai implementasi pemahaman rukun Islam. 2.10 Menunjukkan sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi pemahaman hikmah puasa Ramadan.
1.11 Menjalankan salat tarawih dan tadarus al-Qur'an di bulan Ramadan sebagai wujud ketaatan kepada Allah Swt. dan rasul-Nya. 2.11 Menunjukkan sikap tekun sebagai implementasi pemahaman pelaksanaan salat tarawih dan tadarus al-Qur'an.
1.12 Meyakini kebenaran kisah Nabi Daud a.s. 2.12 Menunjukkan sikap berani sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
1.13 Meyakini kebenaran kisah Nabi Sulaiman a.s. 2.13 Menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
1.14 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ilyas a.s. 2.14 Menunjukkan sikap sabar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyas a.s.
1.15 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ilyasa’ a.s. 2.15 Menunjukkan sikap kerjasama sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
1.16 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw. 2.16 Menunjukkan sikap jujur dan peduli sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
1.17 Meyakini kebenaran kisah Luqman sebagaimana terdapat dalam al-Qur'an. 2.17 Menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al-Qur'an.




KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencermink Dan perilaku anak
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami makna Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Fil dengan benar. 4.1.1 Membaca Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar.
4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Fil.
4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar.
3.2 Memahami makna al-asmaul alHusna: al-Mumit, al-Hayyu, al-Qayyum, dan al-Ahad. 4.2 Membaca al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayyu, al-Qayyum, dan al-Ahad dengan jelas dan benar.
3.3 Memahami nama-nama Rasul Allah Swt. dan rasul Ulul ‘Azmi. 4.3 Menunjukkan hafalan nama-nama Rasul Allah Swt. dan rasul Ulul ‘Azmi.
3.4 Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman. 4.4 Menunjukkan makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman.
3.5 Memahami makna perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari. 4.5 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari.
3.6 Memahami makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. 4.6 Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
3.7 Memahami makna saling menghargai sesama manusia. 4.7 Mencontohkan sikap saling menghargai sesama manusia.
3.8 Memahami makna sederhana dalam kehidupan sehari-hari. 4.8 Mencontohkan sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
3.9 Memahami makna Ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari. 4.9 Mencontohkan sikap ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari.
3.10 Memahami hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia. 4.10 Menunjukkan hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia.
3.11 Memahami pelaksanaan salat tarawih dan tadarus al-Qur'an. 4.11 Mempraktikkan tata cara salat tarawih dan tadarus al-Qur'an.
3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Daud a.s. 4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
3.13 Memahami kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. 4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.14 Memahami kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s. 4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
3.15 Memahami kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s. 4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
3.16 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. 4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.17 Memahami kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al-Qur'an. 4.17 Menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al-Qur'an.


Pelajari: DOWNLOAD BUKU PANDUAN GURU KELAS 5 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
https://pelajarancg.blogspot.com/



Pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Pelajaran Kompetensi Inti (KI) Kompetensi Dasar (KD)
1 KI – 1 1.1

KI – 2 2.1

KI – 3 3.1

KI – 4 4.1.1
4.1.2
4.1.3
2 KI – 1 1.2
1.4

KI – 2 2.2
2.4

KI – 3 3.2
3.4

KI – 4 4.2
4.4
3 KI – 1 1.5
1.6
1.7

KI – 2 2.5
2.6
2.7

KI – 3 3.5
3.6
3.7

KI – 4 4.5
4.6
4.7
4 KI – 1 1.10

KI – 2 2.10

KI – 3 3.10

KI – 4 4.10
5 KI – 1 1.11
1.12
1.13
1.14
1.15
1.16

KI – 2 2.11
2.12
2.13
2.14
2.15
2.16

KI – 3 3.11
3.12
3.13
3.14
3.15
3.16

KI – 4 4.11
4.12
4.13
4.14
4.15
4.16
6 KI – 1 1.1

KI – 2 2.1

KI – 3 3.1

KI – 4 4.1.1
4.1.2
4.1.3
7 KI – 1 1.3

KI – 2 2.3

KI – 3 3.3

KI – 4 4.3
8 KI – 1 1.8
1.9

KI – 2 2.8
2.9

KI – 3 3.8
3.9

KI – 4 4.8
4.9
9 KI – 1 1.11

KI – 2 2.11

KI – 3 3.11

KI – 4 4.11
10 KI – 1 1.17

KI – 2 2.17

KI – 3 3.17

KI – 4 4.17



Pelajari: Pengertian Kompetensi Dasar (KD) Kelas 5 SD/MI Pada Kurikulum 2013


Demikianlah artikel "Kompetensi Inti beserta Rumusan Kompetensi Dasar PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 5" yang dapat dibagikan Pelajarancg.blogspot.com, silahkan terus kunjungi Pelajarancg untuk mempelajari beragam informasi pendidikan, materi soal, hingga perangkat ajar, panduan guru dan siswa, juga informasi-informasi lainnya terkait Kurikulum terbaru, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Kompetensi Inti & Rumusan Kompetensi Dasar PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 5"