Kompetensi Inti (KI) Dan Rumusan Kompetensi Dasar (KD) Kelas 5 Pada Kurikulum 2013
Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SD dan/atau MI
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. | 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, san Atun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
1.1 Terbiasa membaca al-Qur'an dengan tartil. | 2.1 Menunjukkan sikap saling mengingatkan dan berpegang teguh sebagai implementasi pemahaman Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Fiil. |
1.2 Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Mematikan, Mahahidup, Maha Berdiri Sendiri dan Maha Esa. | 2.2 Menunjukkan sikap berani, peduli, mandiri, dan teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman makna al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyum, dan al-Ahad. |
1.3 Meyakini keberadaan Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi. (Pelajari: PERBEDAAN NABI DAN RASUL, PELAJARI PENJELASANNYA) | 2.3 Menunjukkan sikap sabar dan jujur sebagai implementasi pemahaman mengenal nama-nama Rasul Allah Swt. dan Rasul Ulul ‘Azmi. |
1.4 Meyakini adanya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman. (Pelajari: PENJELASAN SINGKAT RUKUN IMAN DAN RUKUN ISLAM) | 2.4 Menunjukkan sikap percaya diri sebagai implementasi pemahaman makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya. |
1.5 Meyakini bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari iman. | 2.5 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari. |
1.6 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai cerminan dari iman. | 2.6 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. |
1.7 Meyakini bahwa sikap saling menghargai sesama manusia sebagai cerminan dari iman. | 2.7 Menunjukkan sikap saling menghargai sesama manusia. |
1.8 Meyakini bahwa sikap sederhana sebagai cerminan dari iman. | 2.8 Menunjukkan sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari. |
1.9 Meyakini bahwa ikhlas beramal sebagai cerminan dari iman. | 2.9 Menunjukkan sikap ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari. |
1.10 Menjalankan kewajiban puasa Ramadan sebagai implementasi pemahaman rukun Islam. | 2.10 Menunjukkan sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi pemahaman hikmah puasa Ramadan. |
1.11 Menjalankan salat tarawih dan tadarus al-Qur'an di bulan Ramadan sebagai wujud ketaatan kepada Allah Swt. dan rasul-Nya. | 2.11 Menunjukkan sikap tekun sebagai implementasi pemahaman pelaksanaan salat tarawih dan tadarus al-Qur'an. |
1.12 Meyakini kebenaran kisah Nabi Daud a.s. | 2.12 Menunjukkan sikap berani sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Dawud a.s. |
1.13 Meyakini kebenaran kisah Nabi Sulaiman a.s. | 2.13 Menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. |
1.14 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ilyas a.s. | 2.14 Menunjukkan sikap sabar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyas a.s. |
1.15 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ilyasa’ a.s. | 2.15 Menunjukkan sikap kerjasama sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. |
1.16 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw. | 2.16 Menunjukkan sikap jujur dan peduli sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
1.17 Meyakini kebenaran kisah Luqman sebagaimana terdapat dalam al-Qur'an. | 2.17 Menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al-Qur'an. |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. | 4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencermink Dan perilaku anak |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Memahami makna Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Fil dengan benar. | 4.1.1 Membaca Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar. 4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Fil. 4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar. |
3.2 Memahami makna al-asmaul alHusna: al-Mumit, al-Hayyu, al-Qayyum, dan al-Ahad. | 4.2 Membaca al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayyu, al-Qayyum, dan al-Ahad dengan jelas dan benar. |
3.3 Memahami nama-nama Rasul Allah Swt. dan rasul Ulul ‘Azmi. | 4.3 Menunjukkan hafalan nama-nama Rasul Allah Swt. dan rasul Ulul ‘Azmi. |
3.4 Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman. | 4.4 Menunjukkan makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman. |
3.5 Memahami makna perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari. | 4.5 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari. |
3.6 Memahami makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. | 4.6 Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. |
3.7 Memahami makna saling menghargai sesama manusia. | 4.7 Mencontohkan sikap saling menghargai sesama manusia. |
3.8 Memahami makna sederhana dalam kehidupan sehari-hari. | 4.8 Mencontohkan sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari. |
3.9 Memahami makna Ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari. | 4.9 Mencontohkan sikap ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari. |
3.10 Memahami hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia. | 4.10 Menunjukkan hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia. |
3.11 Memahami pelaksanaan salat tarawih dan tadarus al-Qur'an. | 4.11 Mempraktikkan tata cara salat tarawih dan tadarus al-Qur'an. |
3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Daud a.s. | 4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s. |
3.13 Memahami kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. | 4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. |
3.14 Memahami kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s. | 4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s. |
3.15 Memahami kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s. | 4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s. |
3.16 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. | 4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
3.17 Memahami kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al-Qur'an. | 4.17 Menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al-Qur'an. |
Pelajari: DOWNLOAD BUKU PANDUAN GURU KELAS 5 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Pelajaran | Kompetensi Inti (KI) | Kompetensi Dasar (KD) |
1 | KI – 1 | 1.1 |
KI – 2 | 2.1 | |
KI – 3 | 3.1 | |
KI – 4 | 4.1.1 4.1.2 4.1.3 |
|
2 | KI – 1 | 1.2 1.4 |
KI – 2 | 2.2 2.4 |
|
KI – 3 | 3.2 3.4 |
|
KI – 4 | 4.2 4.4 |
|
3 | KI – 1 | 1.5 1.6 1.7 |
KI – 2 | 2.5 2.6 2.7 |
|
KI – 3 | 3.5 3.6 3.7 |
|
KI – 4 | 4.5 4.6 4.7 |
|
4 | KI – 1 | 1.10 |
KI – 2 | 2.10 | |
KI – 3 | 3.10 | |
KI – 4 | 4.10 | |
5 | KI – 1 | 1.11 1.12 1.13 1.14 1.15 1.16 |
KI – 2 | 2.11 2.12 2.13 2.14 2.15 2.16 |
|
KI – 3 | 3.11 3.12 3.13 3.14 3.15 3.16 |
|
KI – 4 | 4.11 4.12 4.13 4.14 4.15 4.16 |
|
6 | KI – 1 | 1.1 |
KI – 2 | 2.1 | |
KI – 3 | 3.1 | |
KI – 4 | 4.1.1 4.1.2 4.1.3 |
|
7 | KI – 1 | 1.3 |
KI – 2 | 2.3 | |
KI – 3 | 3.3 | |
KI – 4 | 4.3 | |
8 | KI – 1 | 1.8 1.9 |
KI – 2 | 2.8 2.9 |
|
KI – 3 | 3.8 3.9 |
|
KI – 4 | 4.8 4.9 |
|
9 | KI – 1 | 1.11 |
KI – 2 | 2.11 | |
KI – 3 | 3.11 | |
KI – 4 | 4.11 | |
10 | KI – 1 | 1.17 |
KI – 2 | 2.17 | |
KI – 3 | 3.17 | |
KI – 4 | 4.17 |
Pelajari: Pengertian Kompetensi Dasar (KD) Kelas 5 SD/MI Pada Kurikulum 2013
Demikianlah artikel "Kompetensi Inti beserta Rumusan Kompetensi Dasar PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 5" yang dapat dibagikan Pelajarancg.blogspot.com, silahkan terus kunjungi Pelajarancg untuk mempelajari beragam informasi pendidikan, materi soal, hingga perangkat ajar, panduan guru dan siswa, juga informasi-informasi lainnya terkait Kurikulum terbaru, semoga bermanfaat.
Post a Comment for "Kompetensi Inti & Rumusan Kompetensi Dasar PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 5"